Boyamin Saiman Singgung Integritas Firli Bahuri Tangani Perkara Korupsi

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia Boyamin Saiman menyinggung soal integritas Ketua KPK Firli Bahuri.

Ilham Rian Pratama/Tribunnews.com
Ketua KPK Firli Bahuri. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia Boyamin Saiman menyinggung soal integritas Ketua KPK Firli Bahuri terkait upaya menangkap Politisi PDI Perjuangan Harun Masiku, buronan pelaku tindak pidana korupsi.

Sebagai aparat penegak hukum, kata dia, Firli seharusnya bertanggungjawab untuk menangkap buronan koruptor. Bukan hanya mengatakan menargetkan mengejar Harun Masiku sampai tertangkap.

"Pernyataan Firli, saya kejar sampai tertangkap. Kalau penegak hukum berintegritas, saya tangkap dalam jangka waktu enam bulan, kalau tidak saya mundur," kata Boyamin, di diskusi bertajuk 'Memburu Buron KPK', di Hotel Ibis Tamarin, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020).

Baca: Pemilik Kebun Jati Tewas Tertimpa Tiang Listrik Beton, Begini Kronologinya

Baca: Soal Foto Tara Basro, Tsamara PSI: Dia Menebarkan Energi positif, Masa Kena Sensor Pornografi?

Dia merasa pihak KPK mampu menangkap Harun Masiku. Namun, kata dia, tidak ada keinginan untuk menangkap yang bersangkutan.

Dia membandingkan upaya pihak KPK menangkap Muhammad Nazaruddin, terpidana kasus suap pembangunan wisma atlet di Hambalang untuk SEA Games ke-26, di Kolombia pada Agustus 2011.

"Saya yakin bisa, hanya tidak mau. Mampu, loh di luar negeri, Nazaruddin sampai Kolombia mampu," ujarnya.

Dia melihat pimpinan KPK yang ada saat ini justru lebih banyak beretorika dan tidak serius menangani perkara korupsi. Sehingga, dia mengaku sempat menggelar sayembara menangkap buronan korupsi berhadiah iPhone 11.

"iPhone 11 gimmik saja. Kalau serius kan tidak mungkin, saya gelar lomba. (Pimpinan KPK,-red) tunjukkan keseriusan. Tampak, pimpinan banyak retorika, gimmick. Ini mengecewakan," tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menargetkan mencari dan menangkap tersangka eks caleg DPR Dapil I Sumatera Selatan dari PDIP Harun Masiku. Dia mengimbau kepada Harun Masiku agar cepat menyerahkan diri ke KPK.

Baca: Sebelum Naik Pesawat, Ini 7 Fakta Kursi Pesawat yang Harus Kamu Ketahui

"Target kami akan kejar Harun Masiku sampai tertangkap. Targetnya itu. KPK mengimbau dan meminta kepada yang bersangkutan untuk menyerahkan diri dan mempertanggungjawabkan perbuatannya sesuai dengan hukum yang berlaku," katanya usai acara peluncuran laporan tahunan Ombudsman RI 2019 di Ballroom Hotel Sultan, Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (3/3).

Berita Populer
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved