Pangdam XVII Cenderawasih Cek Langsung Situasi Terkini di Timika pasca-Kontak Senjata di Tembagapura

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab bersama rombongan memantau langsung situasi dan kondisi terkini di Timika.

Puspen TNI
Ilustrasi: Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab mengunjungi Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/PDW Kostrad yang sedang bertugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG sektor selatan di Kabupaten Merauke di bawah Kolakops Korem 174/ATW, Rabu (23/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab bersama rombongan memantau langsung situasi dan kondisi terkini di Timika.

Mayjen TNI Herman Asaribab bersama rombongan berangkat menuju Timika, Jumat (6/3/2020).

Tinjauan dilakukan setelah pihaknya mendapat laporan tentang kejadian kontak senjata antara TNI-Polri dengan Kelompok Separatis Bersenjata (KSB) dalam beberapa hari terakhir di Tembagapura, Kabupaten Mimika.

Baca: Pemekaran Papua Diharapkan Tetap dalam Kerangka Otonomi Khusus

Sampai di Timika, Herman bersama rombongan langsung menuju ke rumah jabatan Wakil Bupati Mimika Johanes Rettob.

Di sana Pangdam bersam rombongan bertemu dengan Wakil Bupati dan unsur SKPD Mimika guna membicarakan solusi terkait turunnya masyarakat di Kampung Banti, Utikini, dan sekitarnya akibat kontak senjata yang terjadi di Tembagapura.

Baca: Polri Tangani Kasus Perusakan Kantor Bupati Waropen di Papua

Dalam pertemuan tersebut Johannes meminta Pangdam untuk membantu masyarakat yang berada di kampung Banti, Utikini, dan sekitarnya agar bisa dievakuasi menuju kota Timika.

Menanggapi permintaan tersebut Herman mengatakan akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mengevakuasi masyarakat yang berada di sekitar lokasi kontak senjata menuju ke daerah yang lebih aman.

Baca: Intensitas Gangguan KKB Terus Meningkat, Diduga akan Gagalkan PON dan Pilkada Papua

“Kita dari TNI khususnya Kodam XVII/Cenderawasih yang mempunyai wilayah teritorial di Papua ini akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu mengevakuasi masyarakat ke tempat yang lebih aman,” kata Herman dalam keterangan resmi Penerangan Kodam XVII Cenderawasih sebagaimana disampaikan Wakapendam XVII Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi, Jumat (6/3/2020).

Hadir dalam pertemuan itu, Danrem 174 /ATW, Waasintel, Waasops Kasdam XVII/Cenderawasih, Dandim 1710/Mimika dan Kepala SKPD Mimika.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved