Breaking News:

Virus Corona

BREAKING NEWS: Muncul 2 Kasus Baru Positif Idap Virus Corona di Indonesia

Dua kasus baru infeksi virus corona terdiri dari seorang laki-laki berusia 55 tahun (kasus 5) dari hasil pelacakan kasus klaster Jakarta.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto yang juga juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (6/3/2020). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Reporter Kontan, Abdul Basith

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Jumlah kasus infeksi corona di Indonesia bertambah dua orang lagi. Pemerintah mengumumkan dua kasus baru lagi infeksi virus corona (Covid-19) di Indonesia, Minggu (8/3/2020).

Sebelumnya sudah ada empat orang yang positif terifeksi corona (kasus 1, kasus 2, kasus 3 dan kasus 4), sehingga totalnya sampai saat ini sudah ada enam kasus infeksi corona di Indonesia.

Jubir Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, dua kasus baru infeksi virus corona terdiri dari seorang laki-laki berusia 55 tahun (kasus 5) dari hasil pelacakan kasus klaster Jakarta.

Serta satu lagi, laki-laki 36 tahun (kasus 6), merupakan kasus impor virus corona yang didapatkan bersangkutan saat bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) Diamond Princess.

"Kondisi keduanya stabil tidak membutuhkan oksigen, tidak demam, tidak batuk, tidak pilek," kata Achmad, Minggu (8/3/2020).

Jumat lalu (6/3/2020), pemerintah mengumumkan orang yang positif terinfeksi corona berusia antara 33 tahun dan 34 tahun (kasus 3 dan kasus 4).

Achmad mengatakan, kedua orang tersebut diketahui positif terinfeksi corona setelah Kementerian Kesehatan melakukan pelacakan atas orang-orang yang yang melakukan kontak dekat dengan dua pasien positif virus corona sebelumnya.

Akhmad menjelaskan, pada awalnya data yang kami terima ada lebih kurang 80 orang yang berada di tempat itu saat event yang dihadiri kasus 1 berlangsung.

Dinas Kesehatan Jakarta dibantu Polri dan badan Intelejen Negara (BIN) kemudian mengidentifikasi 80 orang yang lantas mengerucut menjadi 20.

Dari 20 ini dilakukan pendalaman lagi sedekat apa kontaknya. Ternyata dari 20 orang ini bisa dikerucutkan menjadi 7 orang.

"Ketujuh orang kita bawa ke rumah sakit, kita observasi dan isolasi kita lakukan kerangkaian pemeriksaan," kata Achmad dalam konferensi pers, Jumat (6/3/2020).

Ketujuh orang ini memiliki gejalan influensa. Dari tujuh orang ini yang positif terinfeksi virus corona ada dua orang (kasus 3 dan kasus 4).

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul BREAKING NEWS: Ada 2 lagi kasus positif corona di Indonesia, total sudah 6 kasus

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved