Virus Corona

RS Corona di Pulau Galang Dioperasikan Saat Keadaan Memaksa

Keadaan memaksa yang dimaksud Muhadjir adalah ketika rumah sakit rujukan untuk penyakit corona yang ada sudah tidak dapat menampung.

TRIBUN/VINCENTIUS JYESTHA CANDRADITYA
Bangunan terbengkalai bekas rumah sakit lahan eks camp Vietnam di Pulau Galang, Kepri, yang direncanakan akan kembali difungsikan sebagai rumah sakit khusus rehabilitasi dan observasi, Rabu (4/3/2020). Pemerintah berencana merehabilitasi rumah sakit di Pulau Galang, Kepulauan Riau, agar bisa digunakan melakukan observasi bagi pasien terduga virus corona. TRIBUNNEWS/VINCENTIUS JYESTHA CANDRADITYA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan rumah sakit virus corona di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau baru dioperasikan saat keadaan sudah sangat memaksa.

Keadaan memaksa yang dimaksud Muhadjir adalah ketika rumah sakit rujukan untuk penyakit virus corona yang ada sudah tidak dapat menampung.

"Itu akan dioperasikan dalam keadaan sangat memaksa. Itu kan untuk mengantisipasi kalau nanti wabah corona ini, berada dalam kondisi yang tidak kita inginkan," ujar Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jln Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (9/3/2020).

Baca: RS Corona di Pulau Galang Ditargetkan Selesai Dibangun Akhir Maret

Muhadjir mengatakan saat ini pemerintah telah memiliki dua tempat observasi dan karantina cadangan di Pulau Natuna dan Pulau Sebaru Kecil.

Pulau Natuna sempat digunakan untuk observasi warga negara Indonesia yang baru pulang dari Wuhan, Tiongkok dan dalam keadaan kosong. Sementara Pulau Sebaru saat ini digunakan untuk karantina anak buah kapal World Dream dan Diamond Princess.

Baca: Pasien Kasus 03 dan 04 Positif Corona Membaik, Ajukan Permintaan Agar Identitas Tak Diumbar

"Natuna sudah siap kalau dalam keadaan memaksa, tetapi itu juga belum cukup kita siapkan cadangan lagi yaitu di pulau Galang," tutur Muhadjir.

Seperti diketahui, rencananya rumah sakit ini nantinya akan dibangun dengan dua fasilitas. Dua fasilitas tersebut adalah, fasilitas observasi dan fasilitas isolasi.

Baca: Pasien Baru di RSPI Sulianti Saroso Miliki Riwayat Kontak dengan Grup Dansa dan Bepergian ke Jepang

Pulau Galang sebelumnya menjadi tempat penampungan untuk pengungsi Vietnam.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved