Breaking News:

Politikus PAN Ini Yakin Amien Rais Tak Akan Bentuk PAN Reformasi

Yandri Susanto meyakini Amien Rais tidak mengikuti desakan dari sekelompok orang agar membentuk PAN reformasi.

KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Rakernas V PAN yang digelar di Hotel Milennium, Tanah Abang, Jakarta pada Sabtu (7/12/2019), sempat ricuh. Amien Rais ajak kader istighfar tiga kali. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto meyakini Amien Rais tidak mengikuti desakan dari sekelompok orang agar membentuk PAN reformasi.

"Saya meyakini Pak Amien Insya Allah tidak mungkinlah (bentuk PAN Reformasi, Pak Amien kan yang melahirkan PAN dan sangat sayang dengan PAN," ujar Yandri saat dihubungi, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Menurutnya, desakan para kader di daerah agar Amien membentuk PAN Reformasi hanya klaim sepihak dari Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Sulawesi Barat Muhammad Asri Anas.

Baca: Rama Aiphama Meninggal, sang Adik Sempat Bermimpi Gotong Keranda

Baca: Akibat Virus Corona, Harga Tiket Pesawat ke Korea Selatan Turun Drastis Jadi Rp 149 Ribuan

Baca: VIRAL, Driver Ojol Nikahi Customernya setelah 4 Bulan PDKT, Awalnya Ditolak Kini Resmi Suami Istri

"Asri Anas itu baru di PAN, dia tidak pernah ikut Kongres PAN. Dia banyak berwacana tapi tidak tahu fakta," ujar Yandri.

Yandri menjelaskan, kongres PAN di Kendari beberapa waktu lalu saat proses pemilihan ketua umum tidak ada yang protes, hingga akhirnya dimenangkan Zulkifli Hasan.

"Setelah dinyatakan Bang Zul menang dan Mulfachri mengucapkan selamat dan berpelukan. Selesai itu," ucap Yandri.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Sulawesi Barat Muhammad Asri Anas menuturkan, sejumlah ketua DPW dan ketua DPD PAN melakukan rapat tadi malam untuk mendesak Amien membentuk partai baru.

"Ketua-ketua DPW dan 20 ketua DPD, serta tokoh PAN tadi malam mendorong Pak Amien agar membentuk partai PAN Reformasi, daripada diperlakukan tidak benar oleh Zulkifli Hasan, tidak dihormati, tidak diajak bicara sama sekali," tutur Anas saat dihubungi.

Menurutnya, dalam pengurus PAN yang baru saat ini posisi Amien Rais sebagai dewan kehormatan diisi Soetrisno Bachir, karena Zulkifli menilai sosok Amien sebagai penghalang.

"Tentu itu sangat tidak etis, Pak Zul ini sudah banyak menikmati dari partai ini. Pak Amien berdarah-darah membangun partai ini," ucap Anas.

Anas mengklaim, pembentukan PAN Reformasi juga usulan dari 3 ribu kader PAN dari 200 lebih DPD dan DPW diberbagai daerah.

"Tapi Pak Amien mengatakan itu sebagai bagian dari kedua, karena fokus kita adalah memasukkan gugatan ke pengadilan tentang kongres yang benar-benar mencederai demokrasi dan merusak tatanan PAN," tutur Anas.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved