Virus Corona

Istana Yakin Protokol Kesehatan di KRL Jakarta-Bogor Telah Dijalankan

Foto tersebut menyebutkan potensi terkontaminasi virus corona melalui transportasi kereta rel listrik (KRL) rute Bogor-Depok-Jakarta Kota.

Wartakota/Angga Bhagya Nugraha
Petugas membersihkan lantai peron kereta api saat sosialisasi pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (9/3/2020). PT KAI Daop I melakukan tindakann preventif pencegahan penyebaran virus Corona di area stasiun dengan membagikan masker, pengecekan suhu tubuh, penggunaan cairan pencuci tangan, serta menyampaikan edukasi tentang etika batuk dan bersin. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko meyakini protokol kesehatan untuk mencegah virus corona (Covid-19) sudah dijalankan oleh PT Kereta Commuterline Indonesia (KCI).

"Itu saya pikir protokol sudah dijalankan kereta api. Saya sudah baca itu sudah dijalankan. Bagaimana menyiapkan alat pembersihnya, sanitizernya, bagaimana mereka menyemprot dengan desinfektan, dan sebagainya," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Baca: Viral, Petugas Medis di Tasikmalaya Gunakan Jas Hujan Saat Tangani ODP Covid-19

Namun demikian, hal penting menurut Moeldoko, yakni kesadaran masyarakat yang mesti ditingkatkan untuk mencegah penyebaran virus corona khususnya saat menggunakan moda transportasi massal.

"Tapi sekali lagi ini harus kesadaran kita ditingkatkan. Itu yang paling penting, kesadaran masyarakat Indonesia," ucap Moeldoko.

Baca: Waspada, Kenali Gejala Umum Seseorang Mengarah pada Infeksi Virus Corona

Dikabarkan sebelumnya, beredar foto presentasi rapat yang dipimpin oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama dengan sejumlah jajarannya terkait antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19).

Foto tersebut menyebutkan potensi terkontaminasi virus corona melalui transportasi kereta rel listrik (KRL) rute Bogor-Depok-Jakarta Kota.

VP Corcom KCI KRL Commuterline Anne Purba mengatakan, pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama PT KCI akan menggelar rapat bersama guna membahas upaya antisipasi penyebaran virus korona (Covid-19) di moda transportasi massal tersebut.

"Guna membahas upaya-upaya lanjutan menangani dan mengantisipasi penyebaran virus korona, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta hari ini akan melakukan pembahasan bersama dengan KCI," kata Anne.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya sosialisasi untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, tepatnya sejak 3 Februari, lalu.

Baca: Terkait Corona, Ini Imbauan Kemenlu RI Bagi WNI yang Hendak ke Singapura

"Pekan lalu bekerja sama dengan PT KAI Daop 1 Jakarta telah mengadakan kegiatan Rail Clinic di Stasiun Depok dan Bogor. Dalam kegiatan ini KAI mengerahkan Kereta Rail Clinic yang melayani pengobatan gratis dan cek kesehatan bagi penumpang, serta memberikan edukasi mengenai kebersihan dan gaya hidup sehat untuk menangkal virus corona," jelas Anne.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved