Breaking News:

Kedubes India Disterilkan, Akses Jalan HR Rasuna Said Ditutup Kawat Berduri

Hal itu menyusul adanya aksi unjuk rasa solidaritas untuk muslim India di depan Kedubes India.

Igman Ibrahim/Tribunnews.com
jalan diblokir 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto arah Semanggi yang akan menuju Jalan HR Rasuna Said ditutup oleh pihak kepolisian.

Hal itu menyusul adanya aksi unjuk rasa solidaritas untuk muslim India di depan Kedubes India.

Berdasarkan pengamatan Tribunnews sekira pukul 12.30 WIB, pihak kepolisian telah menutup jalan tersebut dengan kawat berduri. Kawat itu dipasang dimulai dari jalur keluar underpass Mampang-Kuningan.

Terpantau, di sekeliling Kedubes India juga telah dipasang kawat berduri agar massa tidak bisa merangsek masuk ke dalam.

Baca: Sabu 200 Kg Ditemukan di Perbatasan Kalsel-Kaltim, Kurirnya Ditagkap

Di sekitar Kedubes India juga terlihat beberapa kendaraan taktis dan ratusan personel polri yang telah berjaga.

Hingga saat ini, massa unjuk rasa belum banyak mendatangi lokasi Kedubes India. Hanya beberapa massa menggunakan pakaian gamis dan seragam FPI terlihat berlalu lalang di sekitar kawasan jalan Rasuna Said.

Diberitakan sebelumnya, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas menyusul adanya aksi unjuk rasa dari ormas Islam gabungan di depan Kedutaan Besar India, Jakarta Selatan selepas salat Jumat (13/3/2020).

Diketahui, ormas Islam itu adalah Persaudaraan Alumni 212 (PA 212), GNPF-Ulama, dan Front Pembela Islam (FPI).

Baca: Pelaku Pencabulan Anak Kandung Ditangkap Polres Cimahi, Korban Berusia 5 Tahun

Nantinya, Fahri menyebut, pihaknya menyiapkan tiga rekayasa lalu lintas akibat adanya aksi unjuk rasa tersebut. Namun, rekayasa lalin itu masih bersifat situasional.

"Untuk alih arus giat unjuk rasa solidaritas untuk Muslim India di Kedubes India bersifat situasional," kata Fahri kepada Tribunnews, Jumat (13/3/2020).

Aksi ini merupakan aksi kedua yang dilakukan ketiga ormas tersebut di depan Kedutaan Besar India. Pada Jumat (6/3/2020) kemarin, mereka juga telah melakukan unjuk rasa serupa.

Berikut rute-rute rekayasa lalu lintas di sekitar Kedubes India yang sudah disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto yang akan menuju Jalan HR Rasuna Said diluruskan ke Jalan Gatot Subroto arah Pancoran atau belok ke kanan Jalan Mampang Prapatan.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Mampang Prapatan tepatnya di underpass Mampang yang akan menuju ke Jalan HR Rasuna Said dibelokkan ke kiri ke Jalan Gatot Subroto arah Semanggi.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto arah Semanggi yang akan menuju Jalan HR Rasuna Said diputar balikkan di kolong layang Kuningan ke Jalan Gatot Subroto arah Pancoran.

Berita Populer
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved