Virus Corona

Politikus Demokrat: Imbauan Beraktivitas dari Rumah Perlu Dibarengi Dengan Perintah Lockdown

Partai Demokrat meminta pemerintah fokus dalam penanganan virus corona dengan mengeluarkan kebijakan lockdown kawasan zona merah covid-19.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Virus Corona 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Demokrat meminta pemerintah fokus dalam penanganan virus corona dengan mengeluarkan kebijakan lockdown kawasan zona merah covid-19.

"Saat ini pemerintah ingin dua-duanya, aman dan dijalankan. Ingin pertumbuhan ekonomi tidak tertanggu dan di sisi lain corona ditangani, akhirnya dua-duanya tidak fokus," ucap Anggota Fraksi Demokrat Irwan kepada wartawan, Jakarta, Senin (16/3/2020).

Menurutnya, imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada masyarakat untuk bekerja di rumah, seharusnya dibarengi kebijakan tegas seperti penutupan akses masuk dan keluar suatu kawasan atau lockdown.

Baca: Sembuh dari Virus Corona, Pasien 02: Jangan Panik, Ketika Panik Imun Tubuh Turun

"Imbauan untuk beraktivitas dari rumah itu dibarengi dengan perintah lockdown. Saya pikir keselamatan rakyat nomor satu," ucap Irwan.

Dengan kebijakan yang tegas seperti halnya lockdown, kata Irwan, para pekerja dan dunia usaha memiliki acuan jelas dalam memutuskan bekerja dari rumahnya masing-masing.

"Para buruh bekerja jadi punya legal standing yang jelas untuk beraktivitas dari rumah dan tidak mempengaruhi kesejahteraan mereka," ucap Anggota Komisi V DPR itu.

Baca: Mahfud MD Sosialisasikan Social Distancing Usai Ikuti Rapat Kabinet Lewat Video Conference

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat untuk terus produktif dengan dapat melakukan aktivitas pekerjaan, belajar hingga ibadah di kediaman masing-masing.

Langkah ini untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19).

"Dengan kondisi ini, saatnya kita bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah, inilah saatnya bekerja bersama-sama saling tolong menolong dan bersatu padu gotong-royong," kata Jokowi di Istana Presiden, Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/3/2020).

Baca: Sembuh dari Corona, Pengakuan Pasien 01: Identitas Dibongkar, Saya Menangis Seminggu

Halaman
1234
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved