Virus Corona

Pimpinan DPR Minta Pemerintah Buat Mekanisme dan SOP yang jelas untuk Tim Medis

Jangan sampai para tenaga medis terjangkit dan menjadi korban penularan virus corona

Tribunnews.com/Seno Tri Sulistiyono
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pimpinan DPR RI meminta kepada pemerintah untuk membuat mekanisme dan SOP yang jelas bagi para tim medis dalam melayani pasien virus corona (Covid-19).

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengingatkan, jangan sampai para tenaga medis terjangkit dan menjadi korban penularan virus corona yang kini sudah menjangkiti 117 orang di Indonesia.

Baca: Tips Dokter untuk Ibu Hamil Jaga Imunitas Tubuh di Tengah Wabah Virus Corona

Apalagi tercatat ada tenaga medis yang kini telah terinfeksi virus corona.

"DPR RI meminta kepada pemerintah untuk membuat mekanisme dan SOP yang jelas bagi para tim medis, supaya tidak terjangkit dan menjadi korban dari menjalarnya penularan dari virus ini. Misal, mendapatkan pelindungan yang memadai dari penularan penyakit tersebut. Salah satunya dengan ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai standar," ujar Wakil Ketua Umum Gerindra ini saat dihubungi, Senin (16/3/2020).

DPR RI juga meminta kepada pemerintah untuk membuat regulasi dan akses keuangan baik itu APBN atau pun APBD guna memaksimalkan tenaga medis, alat kesehatan, dan rumah sakit yang memadai dan sesuai standar untuk menangani pasien yang terjangkit virus corona.

Tidak hanya itu, kata dia, SOP juga penting untuk mengatur jam kerja dari tenaga medis dan para medis mendapat perhatian khusus.

Baca: Tekan Penyebaran Virus Corona, BNI Atur Sistem Kerja

"Karena, jika jam kerja tak diperhatikan, maka sulit bagi mereka untuk menjaga imunitasnya, dan rentan jatuh sakit dan terinveksi virus," jelasnya.

Selain itu DPR RI meminta kepada pemerintah untuk membuat regulasi dan akses keuangan baik itu APBN atau pun APBD guna memaksimalkan pelayanan dari tenaga medis secara prima untuk menangani pasien yang terjangkit virus corona.

Pemerintah: Ada Tenaga Medis Positif Corona yang Meninggal

Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto(KOMPAS.com/Ihsanuddin) Pasien positif Covid-19 di Indonesia bertambah 7 orang, kini total ada 34 kasus virus corona di Tanah Air.
Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto(KOMPAS.com/Ihsanuddin) Pasien positif Covid-19 di Indonesia bertambah 7 orang, kini total ada 34 kasus virus corona di Tanah Air. (KOMPAS.com/Ihsanuddin)

Baca: Jaksa Agung Perbolehkan ‎Pegawainya Bekerja di Rumah, Kecuali Pejabat Struktural

Halaman
12
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved