Breaking News:

Virus Corona

Pimpin Ratas, Jokowi Instruksikan Pangkas Anggaran Tak Penting untuk Penanganan Covid-19

Presiden Jokowi mengintruksikan kepada pemerintah baik pusat maupun daerah untuk memangkas biaya-biaya yang tidak penting untuk penangan Covid-19

Biro Setwapres
Presiden Jokowi melakukan teleconference dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin 

TRIBUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengintruksikan kepada pemerintah baik pusat maupun daerah untuk memangkas biaya-biaya yang tidak penting untuk penanganan Covid-19 di Indonesia.

Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas (Ratas) melalui teleconference di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Jumat (20/3/2020).

Adapun rapat tersebut membahsa terkait kebijakan moneter dan fiskal menghadapi dampak ekonomi pandemi global Covid-19.

"Saya perintahkan kepada semua menteri dan pemerintah daerah untuk memangkas APBN dan APBD yang tidak prioritas," tegas Jokowi yng dikutip dari siaran langsung Metro tv, Jumat (20/3/2020) pagi.

"Anggaran-angaran perjalanan dinas, belanja, rapat-rapat, pembelian barang-barang yang tidak prioritas, saya minta dipangkas," imbuhnya.

Presiden Jokowi Metro tv
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Metro tv)

"Jadi saya minta baik di kementerian, pemerintah daerah, gubernur, bupati, dan wali kota untuk melakukan hal yang sama," jelasnya.

Lebih lanjut Jokowi mengimbau untuk merealokasikan anggaran-anggaran tidak penting ini terhadap tiga hal satu di antaranya yakni untuk penanganan Covid-19 di Indonesia.

"Jadi anggaran-anggaran tersebut harus direalokasikan untuk tiga hal," kata Jokowi.

"Pertama, memperkuat penanganan bidang kesehatan dalam pengendalian penyebaran Covid-19, ini yang paling utama," tegasnya.

Hal yang kedua yakni memperbesar program bantuan sosial (bansos) yang akan memberikan dampak peningkatan konsumsi dan daya beli masyarakat.

Baca: Pemerintah Luncurkan Kartu Pra Kerja, Awal April Sudah Bisa Daftar

Halaman
123
Penulis: Isnaya Helmi Rahma
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved