Virus Corona

Pemerintah Akan Evaluasi Mudik Lebaran 2020 di Tengah Wabah Corona

Adita juga mengimbau kepada masyarakat bahwa kejadian ini adalah darurat dan berharap untuk memakluminya.

Tribunnews.com/Hari Darmawan
Staf Khusus Menteri Perhubungan bidang Komunikasi, Adita Irawati, di Gedung Kemenhub, Jakarta, Kamis (12/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub)  akan melakukan rapat dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi guna membahas terkait penyelenggaraan mudik tahun 2020.

Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi, Adita Irawati, mengatakan rapat ini nantinya akan memutuskan nasib penyelenggaran mudik lebaran 2020 di tengah wabah Covid-19.

"Sebelumnya saat rapat internal Kemenhub, telah didiskusikan apakah mudik akan dilakukan seperti biasa, atau ditinjau kembali dan dilarang," ucap Adita, Jumat (20/3/2020).

Baca: Jumlah Positif Corona di Indonesia Jadi 450 Orang, Pemerintah Wanti-wanti Anak Muda

Ia menambahkan, mudik menjadi momentum yang di mana masyarakat berkumpul dengan banyak orang, terutama pada transportasi, seperti pelabuhan, stasiun, dan terminal.

"Sementara itu pemerintah sedang menggencarkan upaya agar semua orang berdiam diri di rumah untuk meminimalisir penularan dan penyebaran virus corona," ujar Adita.

Oleh karena itu Adita menyebutkan bahwa akan ada tim kecil yang mengkaji secara teknis penyelenggaraan mudik tahun ini dan akan dilaporkan hasil kajiannya.

Adita juga mengimbau kepada masyarakat bahwa kejadian ini adalah darurat,dan berharap untuk memakluminya.

“Pada prinsipnya adalah fokusnya adalah mencegah perluasan wabah virus corona, dan memang akan ada beberapa keputusan yang tidak biasa kepada masyarakat," kata Adita.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved