Breaking News:

Virus Corona

Kementerian BUMN Gandeng Swasta Jaga Ketersediaan Masker

Kementerian BUMN berupaya untuk menjaga ketersediaan masker dengan menggandeng swasta.

TRIBUN/DANY PERMANA
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) menyiapkan alat penyemprotan cairan disinfektan untuk membersihkan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/3/2020). Pemerintah telah menyiapkan Wisma Atlet Kemayoran sebagai rumah sakit darurat penanganan virus COVID-19, dan tempat tersebut akan menjadi rumah isolasi bagi pasien mulai hari ini Sabtu 21 MaretT 2020. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pihaknya menyiapkan obat-obatan dan sebagian peralatan medis untuk RS Darurat Corona di Wisma Kemayoran, Jakarta.

Selain itu, Kementerian BUMN juga berupaya untuk menjaga ketersediaan masker dengan menggandeng swasta.

"Karena kebetulan kita punya pabrik sendiri tetapi tidak cukup, karena itu kita mencoba minta dukungan juga kepada pihak swasta yang memang memproduksi masker," kata Erick Thohir dalam konferensi pers RS Darurat Corona, Minggu (22/3/2020).

Selain masker, kementerian BUMN juga melakukan pengadaan alat perlindungan diri (APD) semaksimal mungkin.

Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) bersiap melakukan penyemprotan cairan disinfektan untuk membersihkan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/3/2020). Pemerintah telah menyiapkan Wisma Atlet Kemayoran sebagai rumah sakit darurat penanganan virus COVID-19, dan tempat tersebut akan menjadi rumah isolasi bagi pasien mulai hari ini Sabtu 21 MaretT 2020. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) bersiap melakukan penyemprotan cairan disinfektan untuk membersihkan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/3/2020). Pemerintah telah menyiapkan Wisma Atlet Kemayoran sebagai rumah sakit darurat penanganan virus COVID-19, dan tempat tersebut akan menjadi rumah isolasi bagi pasien mulai hari ini Sabtu 21 MaretT 2020. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA (TRIBUN/DANY PERMANA)

Untuk diketahui sejumlah daerah saat ini mengalami kekurangan APD dalam menangani pasien Corona.

"Jadi kita harapkan semua warga, rakyat tidak perlu khawatir, karena pemerintah di bawah kepemimpinam bapak presiden kita bekerja keras untuk menjaga rakyat kita dari serangan Virus Corona ini," kata dia.

Sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan siang ini akan dilakukan instalasi sejumlah peralatan medis untuk rumah sakit darurat penanganan virus Corona di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Baca: Curhat Andrea Dian Diisolasi setelah Terinfeksi Corona, Sedih Lihat Banyak Pasien Tidur di Bangsal

Baca: Andrea Dian Stres Divonis Positif Corona, Ganindra Bimo Unggah Joker & Berjanji Ini: Atas Nama Tuhan

Setelah proses instalasi selesai maka akan dilakukan gladi bersih penggunaan rumah sakit darurat tersebut.

"Semua sudah 100 persen tinggal instalasi. Malam ini gladi bersih dan besok InsyaAllah bisa digunakan," ujar Basuki saat meninjau RS Darurat Corona di Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020).

Menurut Basuki, RS Darurat merupakan hasil sinergi sejumlah kementerian dan lembaga.

RS berada di Wisma Atlet Kemayoran yang merupakan miliki Sekretariat Negara, Wisma tersebut kemudian di renovasi oleh Kementerian PUPR.

Peralatan medis di RS tersebut disediakan oleh Kementerian BUMN, lalu petugas medis berasal dari TNI/Polri, swasta, dan relawan.

"Jadi semua kerja sama, dan dibawah komando gugus tugas percepatan penanganan Corona," katanya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved