Breaking News:

Virus Corona

RS Darurat Corona di Pulau Galang Kepri Siap Beroperasi 28 Maret 2020

Menurut Basuki, bakal ada 400 unit atau 400 tempat tidur tersedia untuk observasi. Sedangkan, untuk isolasi ada 50 unit.

TRIBUN/VINCENTIUS JYESTHA CANDRADITYA
Bangunan terbengkalai bekas rumah sakit lahan eks camp Vietnam di Pulau Galang, Kepri, yang direncanakan akan kembali difungsikan sebagai rumah sakit khusus rehabilitasi dan observasi, Rabu (4/3/2020). Pemerintah berencana merehabilitasi rumah sakit di Pulau Galang, Kepulauan Riau, agar bisa digunakan melakukan observasi bagi pasien terduga virus corona. TRIBUNNEWS/VINCENTIUS JYESTHA CANDRADITYA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pembangunan Rumah Sakit Darurat untuk penanganan pasien Covid-19 akibat virus corona di Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau sudah mencapai 80 persen.

Lokasi observasi dan isolasi di Pulang Galang diketahui merupakan bekas RS Vietnam, Sijantung, Galang.

"Kita merehab Rumah Sakit Vietnam dulu, sekarang sudah sampai 80 persen. Kemudian membangun sedikit untuk observasi dan isolasi," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/3/2020).

Tahap pertama, ungkap Basuki, akan rampung pada Sabtu, 28 Maret 2020.

Menurut Basuki, bakal ada 400 unit atau 400 tempat tidur tersedia untuk observasi. Sedangkan, untuk isolasi ada 50 unit.

"Listrik sudah masuk, air sudah masuk, ITA sudah 100 persen, insyaallah 28 (Maret 2020) ditinjau Bapak Presiden (Joko Widodo) sudah siap. Jadi ada dua hal itu. Jadi masyarakat tak perlu khawatir kita sudah siap dan melayani dan antisipasi virus," kata Basuki.

Baca: Tak Semua Bisa Ikut, Ini Syarat Warga yang Bisa Jalani Rapid Tes Massal Virus Corona di Bekasi

Baca: Pasha Ungu Bahagia Nikahi Adelia Wilhelmina, Ungkap Sosok Istrinya Itu Bukan Wanita Matre

Diberitakan sebelumnya, pemerintah mengaku telah mempersiapkan Pulau Sebaru dan Pulau Galangsebagai tempat isolasi bagi pasien terinfeksi corona.

Presiden Jokowi menyebut, kedua pulau ini siap untuk digunakan dalam waktu dekat.

Eks Kamp Vietnam di Pulau Galang bakal dijadikan Rumah Sakit khusus Corona di Indonesia
Eks Kamp Vietnam di Pulau Galang bakal dijadikan Rumah Sakit khusus Corona di Indonesia (Kompas.com/Hadi Maulana)

"Pulau Sebaru dan Pulau Galang juga disiapkan untuk menjadi ruang karantina dan observasi, isolasi untuk Pulau Galang, akan selesai dibangun pada Sabtu, 28 Maret 2020," ujar Jokowisaat memberikan konfrensi pers di Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved