Virus Corona

Pasang Pipa 13.8 Km, PUPR Rampungkan Kebutuhan Air Bersih RS untuk Covid-19 di Pulau Galang

Air baku tersebut bersumber dari Waduk Monggak Rempang yang memiliki debit 232 liter/detik

Tribun Batam/Argianto DA Nugroho
Pekerja menyelesaikan pembangunan fasilitas gedung karantina dan observasi rumah sakit khusus penyakit menular di Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Minggu (22/3/2020). Pengerjaan pembangunan rumah sakit ditargetkan selesai pada 29 Maret 2019 sehingga dapat segera difungsikan untuk mengatasi penularan wabah virus corona atau Covid-19 yang terus meluas. Tribun Batam/Argianto DA Nugroho 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera IV Ditjen SDA juga telah melakukan pemasangan pipa transmisi air baku sepanjang 13,8 km untuk pemenuhan kebutuhan air bersih bagi rumah sakit khusus infeksi penyakit menular yang utamanya bagi Covid-19 pada Rabu (25/3/2020).

Air baku tersebut bersumber dari Waduk Monggak Rempang yang memiliki debit 232 liter/detik.

Baca: Menteri PUPR Optimis RS Khusus di Pulau Galang akan Selesai Pekan Ini

Kementerian PUPR juga telah selesai memasang pompa air berkapasitas 5 liter/detik yang menyalurkan air dari reservoir ke clean water tank.

Selain itu, Kementerian PUPR juga telah merampungkan pengerukan dan perluasan kapasitas embung yang berada di Pulau Galang untuk mendukung penyediaan air baku fasilitas observasi dan isolasi di Pulau Galang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono optimis pembanguan RS fasilitas observasi pengendalian infeksi penyakit menular, utamanya COVID-19 (Corona) di Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau akan selesai pada Sabtu 28 Maret 2020 pekan ini sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo dengan target selesai akhir Maret 2020.

Basuki mengatakan progres pembanungan RS beserta seluruh fasilitasnya tersebut telah mencapai 78 persen hingga hari ini Rabu (25/3/2020).

Terlebih hingga hari ini telah ada 1.600 pekerja yang telah berada di lapangan untuk mengerjakan fasilitas tersebut.

Hal itu diungkapkannya saat meninjau lokasi pembangunan fasilitas observasi untuk pengendalian infeksi penyakit menular di Pulau Galang, pada Rabu (25/3/2020) bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Polisi Idham Aziz.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved