Disarankan ICW untuk Sumbang Gaji demi Bantu Korban Covid-19, Ini Respons Pimpinan KPK

LSM anti korupsi itu sebelumnya mengusulkan gaji para pimpinan KPK disumbangkan 100% untuk korban terdampak coronavirus disease Covid-19.

Disarankan ICW untuk Sumbang Gaji demi Bantu Korban Covid-19, Ini Respons Pimpinan KPK
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango merespons usulan Indonesia Corruption Watch (ICW).

LSM anti korupsi itu sebelumnya mengusulkan gaji para pimpinan KPK disumbangkan 100% untuk korban terdampak coronavirus disease Covid-19.

Pertama, Nawawi menyatakan salut kepada ICW karena dalam situasi pandemik ini masih sempat-sempatnya menyoroti kinerja pimpinan KPK.

Baca: Ada 14 Kasus Baru Virus Corona di Sulawesi Selatan, Achmad Yurianto: Ini Hendaknya Jadi Perhatian

Baca: UPDATE Corona 26 Maret 2020 di 27 Provinsi Indonesia, Tambahan Terbanyak dari Sulsel

"Situasi musibah wabah virus ini beliau masih 'keukeuh' menyoroti kinerja pimpinan KPK, bukan bicara soal pemberantasan korupsi," kata Nawawi kepada Tribunnews.com, Kamis (26/3/2020).

"Hanya saja mungkin beliau tak terlalu menyimak seksama, di mana hal yang seharusnya diberi perhatian sehubungan dengan wabah ini. Kalau soal 'anggaran' dalam penanganan virus Covid-19 ini, sebenarnya pemerintah masih sangat siap dan berkemampuan," imbuh mantan Hakim Tipikor itu.

Bahkan, dijelaskannya, Kementerian/Lembaga juga sudah dipersilakan meninjau anggaran untuk penanganan wabah Covid-19. Pelaksanaannya, lanjut Nawawi, juga disiapkan model yang sifatnya sederhana sebagaimana Perpres Nomor 16 Tahun 2018 dan Peraturan LKPP Nomor 13 Tahun 2018.

"Jadi persoalannya bukan di sisi 'anggaran', yang dibutuhkan saat ini adalah tekad semangat bersama anak bangsa menghadapi pandemik Covid-19 ini. Saya jadi curiga jangan-jangan karena adanya wabah ini banyak yang kehilangan panggung, yang menjadikannya membutuhkan bantuan," ujarnya.

"Kalau itu [sumbang gaji 100%] insyaAllah saya dan teman-teman pimpinan lainnya siap saja," Nawawi memungkasi.

Sebelumnya, ICW mengusulkan pimpinan KPK jilid V untuk terlibat dalam mendonasikan penghasilannya bagi korban terdampak wabah Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved