Virus Corona

RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Tetap Terima Pasien dari Surabaya dan Semarang, Ini Alasannya

Pasien dari Surabaya dan Semarang tersebut datang pada hari pertama rumah sakit tersebut beroperasi yakni tanggal 23 - 24 Maret 2020

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima Kodam Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiyono mengatakan RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran tetap menerima pasien dari Surabaya dan Semarang, meski awalnya rumah sakit tersebut didesain untuk warga Jabodetabek.

Eko mengatakan, pasien dari Surabaya dan Semarang tersebut datang pada hari pertama rumah sakit tersebut beroperasi yakni tanggal 23 - 24 Maret 2020.

Baca: UPDATE Pasien RS Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Bertambah: 208 Orang Dirawat Hingga Pagi Ini

"Kami juga ingin menyampaikan, rumah sakit ini didesain awal untuk menampung pasien di Jabodetabek. Namun, kenyataannya di hari pertama ada pasien datang dari Surabaya, ada yang datang dari Semarang, tapi tetap kami terima," kata Eko dalam konferensi pers di Gedung Graha BNPB Jakarta Timur pada Kamis (26/3/2020).

Selain itu Eko menjelaskan, rumah sakit tersebut berbeda dengan rumah sakit lainnga karena menerapkan sistem pelayanan self handling atau visit video call.

"Rumah sakit ini berbeda dengan rumah sakit yang lain, karena rumah sakit ini menerapkan sistem pelayanan self handling atau visit video call," kata Eko.

Rumah sakit tersebut juga menerapkan sistem karantina diri dan limitasi kontak dengan petugas.

"Keempat apabila makin memberat akan dirujuk ke rumah sakit rujukan. Sudah ada beberapa pasien yang datang, karena kondisinya berat kembali kita rujuk," kata Eko.

Baca: Respon Pemerintah Pusat Terakit Viralnya Video Pelayat Buka Plastik Jenazah PDP Corona di Kolaka

Eko menjelaskan sejak rumah sakit tersebut beroperasi pada 23 Maret 2020 jumlah pasien yang dirawat mengalami kenaikan.

"Sampai saat ini pasien yang diterima di RS itu total sampai pagi ini ada 208 pasien. Dari hari pertama tanggal 24 pagi itu ada 74, kemudian tanggal 25 ada 178, dan pagi ini sudah 208 pasie," kata Eko.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved