Ibunda Jokowi Meninggal Dunia

Meski Masih Berduka, Jokowi Tetap Hadiri KTT LB G20 Secara Virtual Didampingi 2 Menteri Perempuan

Dalam pertemuan tersebut, para pemimpin G20 berkomitmen untuk mengatasi pandemi virus corona (Covid-19)

Meski Masih Berduka, Jokowi Tetap Hadiri KTT LB G20 Secara Virtual Didampingi 2 Menteri Perempuan
Dok. Kemlu RI
Presiden Joko Widodo (Jokowi) Menghadiri KTT Luar Biasa G20 didampingi 2 menteri perempuannya, Kamis (26/3/2020) 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) Menghadiri KTT Luar Biasa G20 didampingi dua menteri perempuannya, Kamis (26/3/2020)

Keduanya yakni Menteri luar negeri (Menlu), Retno Marsudi dan Menteri Perekonomian (Menko) Sri Mulyani.

Baca: Penjelasan Imigrasi dan Pihak Bandara Soal Viralnya Video Tim Medis China Tiba di Indonesia

Walaupun masih dalam suasana berduka atas meninggalnya ibunda Sidjiatmi Ntomiharjo, Presiden Jokowi tetap melanjutkan pekerjaannya dengan profesional.

Dalam pertemuan tersebut, para pemimpin G20 berkomitmen untuk mengatasi pandemi virus corona (Covid-19).

“Kami sangat sedih dengan hilangnya kehidupan yang tragis dan penderitaan yang dihadapi oleh orang-orang di seluruh dunia. Menangani pandemi dan dampak kesehatan, sosial dan ekonomi yang saling terkait adalah prioritas utama kami,” mengutip pernyataan Pemimpin KTT luar biasa tekait Covid yang dikeluarkan Jumat (27/3/2020).

Hal tersebut dilakukan bersama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dana Moneter Internasional (IMF), Kelompok Bank Dunia (WBG), PBB, dan organisasi internasional lainnya, yang bekerja dalam mandat mereka masing-masing.

Baik secara individu maupun kolektif, para pemimpin G20 bertekat untuk melakukan sejumlah upaya diantaranya; melindungi kehidupan, melindungi pekerjaan dan penghasilan rakyat, mengembalikan kepercayaan, menjaga stabilitas keuangan, menghidupkan kembali pertumbuhan dan kembali memulihkannya menjadi lebih kuat.

Mereka juga berkomitmen untuk meminimalkan gangguan pada perdagangan dan rantai pasokaln global (global supply chain) dan juga memberikan bantuan kepada semua negara yang membutuhkan bantuan, serta mengkordinasikan langkah-langkah kesehatan dn keuangan publik

Beberapa keputusan yang dihasilkan KTT luar biasa tersebut adalah juga terkait komitmen untuk memerangi Pandemi, menjaga ekonomi global, menangani gangguan perdagangan internasional, serta meningkatkan kerjasama global.

Baca: Kisah Jokowi Semasa Kecil yang Sempat Dibagikan sang Ibunda

“Kami siap untuk bereaksi segera dan mengambil tindakan lebih lanjut yang mungkin diperlukan. Kami menyatakan kesiapan kami untuk berhimpun lagi sesuai situasi. Tindakan global, solidaritas, dan kerja sama internasional sangat diperlukan untuk mengatasi pandemi ini,” tertulis dalam pernyataan hasil pertemuan KTT G20.

“Kami yakin bahwa, bekerja sama dengan erat, kami akan mengatasi ini. Kami akan melindungi kehidupan manusia, memulihkan stabilitas ekonomi global, dan meletakkan dasar yang kuat untuk pertumbuhan yang kuat, berkelanjutan, seimbang dan inklusif,” katanya.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved