Virus Corona

KSAD Jenderal Andika Prakasa Rapat dengan Panglima TNI Bahas Penanganan Covid-19

Kata KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa, TNI berupaya untuk membeli APD yang BSL 2 atau Bio Safety Level 2.

Tribunnews.com/Gita Irawan
Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa saat konferensi pers di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta Pusat pada Selasa (13/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa rapat bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan pejabat RSPAD Gatot Soebroto.

Rapat itu membahas penanganan virus corona (Covid-19), di antaranya rapid test, ventilator, hingga penanganan jenazah pasien positif Covid-19.

Di situ, Jenderal Andika Perkasa menyinggung penyediaan alat pelindung diri (ADP) bagi personel yang bertugas di RSPAD, seperti dikutip dari video teleconferencei yang diunggah di akun Instagram resmi Angkatan Darat @tni_angkatan_darat, Sabtu (28/3/2020).

"Kami berusaha untuk membeli APD yang BSL 2 atau Bio Safety Level 2. Mungkin itu yang bisa di zona merah," kata Jenderal Andika.

Baca: Tata Cara Isolasi Diri di Rumah Seandainya Rumah Sakit Tak Mampu Lagi Tampung Pasien Covid-19

Baca: 7 Langkah Antisipasi Virus Corona Ketika Harus Beraktivitas di Luar Rumah

Pada keterangan postingan itu, juga tercantum sejumlah kebijakan Andika antara lain penerapan rapid test serta pembangunan segera laboratorium agar pasien dapat penanganan cepat.

Ia juga meminta agar tenaga medis untuk penggunaan ventilator mulai dilatih, agar ventilator yang tersedia dan yang sedang dalam pemesanan dapat langsung dioptimalkan oleh RSPAD.

Baca: Patroli Pembubaran Massa oleh Polri Dipandang Efektif

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved