Prakiraan Cuaca

BMKG Peringatan Dini Cuaca 7-8 April 2020: Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Wilayah Yogyakarta

Simak Informasi BMKG Peringatan Dini Cuaca 7-8 April 2020, Terjadi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Wilayah Yogyakarta

Tangkap layar akun YouTube infoBMKG
BMKG: Peringatan Dini Cuaca 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem, diperkirakan terjadi Selasa (7/4/2020).

Peringatan dini cuaca dibuat berdasarkan update terakhir pada hari ini, Selasa (7/4/2020) pukul 13.14 WIB.

Daerah sirkulasi siklonik terpantau di wilayah Samudera Hindia Barat Aceh, perairan Utara pulau Kalimantan, Samudera Hindia Selatan Jawa, yang memberikan potensi hujan di sekitar daerah sirkulasi tersebut.

Teridentifikasi juga daerah siklonik di perairan Barat Kepulauan Aru yang secara tidak langsung menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan angin yang memanjang dari Sulawesi Tenggara, Laut Banda hingga perairan Barat Kepulauan Aru.

Kondisi ini akan memberikan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah pertemuan angin dan daerah sirkulasi siklonik tersebut.

Baca: BMKG Gelombang Tinggi Besok, 8 April 2020: Gelombang di Perairan Barat Lampung Capai 4 Meter

Konvergensi terjadi memanjang dari wilayah Kalimantan Selatan, Selat Makassar bagian Tengah, Sulawesi bagian Tengah hingga Laut Banda yang mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah konvergensi tersebut.

Selain itu, massa udara basah juga terjadi di wilayah lapisan rendah - menengah terkonsentrasi di pesisir Barat Sumatera, Riau dan Kepulauan Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah bagian Timur, Maluku dan Kepulauan Maluku bagian Tenggara.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan lebat dan hujan lebat disertai angin kencang kilat/petir hari ini Selasa hingga Rabu dilansir laman bmkg.go.id, Selasa (7/4/2020).

Selasa, 7 April 2020

Wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah:

Halaman
1234
Penulis: Lanny Latifah
Editor: Wulan Kurnia Putri
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved