Virus Corona

Pangkogabwilhan I: Sudah 37.222 TKI di Malaysia Pulang ke Indonesia Atas Biaya Sendiri

Yudo Margono mengatakan 37.222 pekerja migran di Malaysia ternyata sudah pulang ke Indonesia secara mandiri.

AFP/BHUVAN BAGGA
Pekerja migran India bersama keluarganya berbaris di terminal bus Anand Vihar untuk pulang ke desanya saat pemerintah memberlakukan lockdown, sebagai tindakan pencegahan atas penyebaran virus corona baru Covid-19 di New Delhi, Sabtu (28/3/2020). Pada 28 Maret 2020 puluhan ribu pekerja migran India beserta keluarganya 28 berjuang memasuki bus yang dikelola negara bagian terpadat di India, untuk membawa mereka ke kampung halaman mereka di tengah pandemi virus corona. AFP/BHUVAN BAGGA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui TNI Angkatan Laut (AL) berencana memulangkan para pekerja migran di Malaysia ke Indonesia menggunakan tiga buah KRI yang bersiaga di Batam, Kepulauan Riau. 

Namun, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono mengatakan 37.222 pekerja migran di Malaysia ternyata sudah pulang ke Indonesia secara mandiri. 

"Sampai saat ini sudah mencapai 37.222 orang dengan berbagai tujuan," ujar Yudo, ketika dihubungi Tribunnews.com, Senin (6/4/2020).

Yudo sendiri sebenarnya menceritakan pihaknya sudah bersiaga untuk mengangkut para pekerja migran ini sejak seminggu lalu. 

Baca: Pesan Mulyono, Pengemudi Ojol yang Ditipu Penumpang, Jangan Diapa-apakan, Jangan Dihakimi. . .

Ketiga KRI yang disiagakan direncanakan akan langsung menjemput dan mengangkut pekerja migran dengan tujuan sebagian besar ke Pulau Jawa. 

Baca: Pendapatan Negara Anjlok Selama Pandemi Corona, PNS Terancam Tidak Terima THR

Akan tetapi, dia mendapati para pekerja migran tersebut sudah pulang secara mandiri menuju daerah masing-masing. 

Baca: Kisah Heroik J, Meninggal Tertimbun Longsor demi Selamatkan Ibunya yang Lumpuh

"Kalau kapal AL sudah siap di Batam sejak seminggu lalu, masalahnya mereka sudah pada pulang ke daerahnya masing-masing," jelasnya. 

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved