Breaking News:

Misi Peluncuran Satelit Nusantara Dua Milik Indosat Gagal Capai Orbit

Setelah proses lift off berjalan dengan baik, terjadi anomali ketika memasuki tahap pelepasan roket tingkat tiga, sehingga tidak bisa mencapai orbit.

ISTIMEWA
Ilustrasi satelit 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM - Satelit Nusantara Dua mengalami kegagalan dalam misi peluncuran dari Xichang Satellite Launch Center (XLSC) di Xichang, China, Kamis (9/4/2020) pukul 19.46 waktu setempat.

Setelah proses lift off berjalan dengan baik, terjadi anomali ketika memasuki tahap pelepasan roket tingkat tiga, sehingga satelit tidak bisa mencapai orbit yang ditetapkan.

“Satelit Nusantara Dua telah dilindungi oleh asuransi yang sepenuhnya memberikan perlindungan atas risiko peluncuran dan operasional satelit,” Presiden Direktur PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera (PSNS) Johanes Indri Trijatmodjo dalam keterangan persnya, Kamis (9/4/2020).

Baca: Bandara Oita Jepang Terpilih Sebagai Pangkalan di Asia untuk Peluncuran Satelit Menggunakan Pesawat

Diketahui, Satelit Nusantara Dua adalah milik PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera (PSNS) yang merupakan perusahaan joint venture PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) bersama dengan Indosat Ooredoo dan PT Pintar Nusantara Sejahtera (PNS).

Baca: Cara Mudah Mendapatkan Kuota Internet Gratis Telkomsel, Indosat, XL untuk Belajar di Rumah & WFH

Dalam misi peluncuran Satelit Nusantara Dua menggunakan roket Long March 3B.

Satelit Nusantara Dua yang menjadi rangkaian armada satelit sebelumnya yang diluncurkan tahun lalu, Nusantara Satu, akan beroperasi menggantikan satelit Palapa-D yang berada di 113 Bujur Timur (BT).

Ini merupakan bentuk komitmen PSN yang saat ini bekerjasama dengan Indosat Ooredoo untuk terus menyediakan satelit yang dapat menjadi infrastruktur telekomunikasi baru bagi akses internet broadband dan broadcast di Indonesia.

Berita Populer
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved