Breaking News:

Erupsi Gunung Anak Krakatau

Di Tengah Wabah, 3 Gunung Indonesia Berstatus Siaga, 18 Lainnya Waspada Termasuk Anak Krakatau

Di tengah wabah corona yang melanda Indonesia, secara bersamaan beberapa gunung di Indonesia juga memasuki level siaga dan waspada.

Twitter/BPPTKG
Foto letusan Gunung Merapi yang terjadi pada Minggu, 29 Maret 2020 dini hari dari kamera pantau di Pangukrejo, di tengah wabah corona 19 gunung berapi di Indonesia berstatus waspada. 

TRIBUNNEWS.COM -  Di tengah wabah corona yang melanda Indonesia, secara bersamaan beberapa gunung di Indonesia juga memasuki level siaga dan waspada.

Jumat (10/4/2020) kemarin, sebuah dentuman yang diduga dari erupsi Gunung Anak Krakatau juga sempat menggegerkan warga Jabodetabek.

Dentuman yang disebut mirip petir tersebut terdengar jelas di langit Jakarta hingga Bogor.

Namun, belakangan dijelaskan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika / BMKG, bahwa dentuman yang terdengar di Jakarta dan sejumlah wilayah di Jawa Barat bukan berasal dari gempa tektonik maupun erupsi gunung.

Gunung Anak Krakatau meletus Jumat 10 April 2020 malam. Gunung Anak Krakatau Meletus, Abu Tebal Menyembur hingga Pulau Sebesi.
Gunung Anak Krakatau meletus Jumat 10 April 2020 malam. Gunung Anak Krakatau Meletus, Abu Tebal Menyembur hingga Pulau Sebesi. (Dok. Twitter Dr. Devy Kamil Syahbana @volcanohawk)

 Media Asing Soroti Suara Dentuman yang Menyertai Erupsi Gunung Anak Krakatau Semalam

 Penjelasan BMKG Soal Sumber Suara Dentuman Tadi Malam, Bukan dari Erupsi Gunung Anak Krakatau

"Tapi poinnya adalah bukan dari sumber gempa bumi tektonik itu tidak ada gempa tektonik yang signifikan," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati pada Kompas.com, Sabtu (11/4/2020).

HALAMAN 2 >>>>>>>>>

Penulis: Salma Fenty Irlanda
Sumber: Tribun Mataram
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved