Breaking News:

Virus Corona

Arab Saudi Akan Putuskan Nasib Ibadah Haji Akhir April 2020

Pemerintah Arab Saudi akan memutuskan nasib pelaksanaan ibadah haji pada tahun ini pada akhir April 2020.

Abdel Ghani BASHIR / AFP
Area Mataf Masjidil Haram. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Arab Saudi akan memutuskan nasib pelaksanaan ibadah haji pada tahun ini pada akhir April 2020.

Plt Sekjen Kementerian Agama/Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Nizar Ali mengatakan, Kementerian Haji Arab Saudi saat ini sedang melakukan kajian dan diperkirakan pada akhir April 2020 sudah ada keputusannya.

"Jadi kita tunggu, sekarang sudah posisi di minggu kedua April 2020. Insya Allah awal (Mei) atau akhir minggu keempat April akan mengumumkan jadi atau tidak ibadah haji," ujar Nizar saat rapat Kemenag dengan Komisi VIII DPR, Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Baca: Besok Pendaftaran Terakhir Kartu Pra Kerja Gelombang 1 di www.prakerja.go.id, Ini Proses Lengkapnya

Baca: Update Corona di Jawa Barat 15 April: 559 Kasus Positif Covid-19, Kota Depok Terbanyak

Jika pihak Arab Saudi belum juga memberikan kepastian hingga Mei 2020, Nizar meminta izin kepada Komisi VIII DPR untuk memutuskan tidak ada pelaksanaan ibadah haji pada tahun ini.

"Misalkan pemerintah Arab Saudi belum memberikan kejelasan, maka saya mohon teman-teman untuk memutuskan untuk tidak berangkat, karena tadi ketercukupan waktu kami mempersiapkan (tidak cukup)," tutur Nizar.

Di sisi lain, Nizar menyampaikan pihak Arab Saudi akan menutup kegiatan umrah pada bulan suci Ramadhan dan hotel di sekitaran Mekkah sedang digunakan karantina diri bagi masyarakat Arab yang baru datang dari luar negeri.

"Kalau ada teman-teman yang booking umrah ramadhan, sebaiknya dijadwalkan ulang karena info terupdate 90 persen tidak ada (kegiatan umrah)," tuturnya.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved