Breaking News:

Ramadan 2020

Kemenag Umumkan 82 Lokasi Pemantauan Hilal Awal Ramadan

Kementerian Agama menetapkan 82 titik pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan awal bulan Ramadan 1441 Hijriah.

Ilustrasi 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Agama menetapkan 82 titik pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan awal bulan Ramadan 1441 Hijriah.

Pemantauan hilal akan dilaksanakan pada Kamis (23/4/2020) mendatang. 82 titik pemantauan tersebut tersebar di 34 Provinsi di Indonesia.

"Rukyatul hilal dilaksanakan oleh petugas Kanwil Kemenag Provinsi bekerjasama dengan ormas Islam, BMKG, dan Mahkamah Agung. Mereka akan melakukan pemantauan hilal di 82 titik yang telah ditetapkan. Titik pantau terbanyak di Jawa Timur, 27 lokasi, dan Jawa Barat dengan 8 lokasi," ujar Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin melalui keterangan tertulis, Senin (20/4/2020).

Baca: Pemkab Tabanan Bakal Cabut Izin Operasional Hotel yang Menolak PMI ber-KTP Tabanan

Baca: Khofifah Ajukan Surabaya, Sidoarjo dan Gresik untuk PSBB, Tri Risma Angkat Bicara

Kamaruddin mengungkapkan hasil pemantauan Hilal akan dibahas dalam sidang Isbat sebelum menentukan awal Ramadan pada tahun ini.

Baca: Cesc Fabregas Sebut Kylian Mbappe Bermain Layaknya Thierry Henry

"Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Ramadan akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan kapan ibadah puasa dimulai," sambungnya.

Berikut lokasi pelaksanaan pemantauan hilal penetapan awal Ramadan:

1. Aceh: Observatorium Tgk. Chiek Kuta Karang, Lhokseumawe Bukit Poly Komplek Perta Aron, Aceh Jaya Gunung Cring Cran, Pantai Suak Geudeubang Kab. Aceh Barat, Aceh Selatan Pantai Lhok Keutapang, Simeulue, Pantai Teluk Dalam, Tugu "KM. 0" Indonesia, Kota Sabang

2. Sumatera Utara: Lantai IX Kantor Gubernur Sumut dan Observatorium OIF UMSU

3. Sumatera Barat: Gedung Shelter Masjid Nurul Huda Parupuk Tabing.

Halaman
1234
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved