Breaking News:

Terdampak Covid-19, BUMN Bidang Transportasi Diminta Atur Ulang Skema Bisnisnya

Achmad Baidowi meminta agar pandemi Covid-19 dijadikan momen bagi BUMN yang bergerak di bidang transportasi atur ulang skema bisnisnya ke depan.

Taufik Ismail
Achmad Baidowi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI Achmad Baidowi meminta agar pandemi Covid-19 dijadikan momen bagi BUMN yang bergerak di bidang transportasi, seperti PT Garuda Indonesia, ASDP, PT Pelni, dan PT KAI mengatur ulang skema bisnisnya ke depan.

Awiek, begitu ia disapa, beralasan bulan rmadan dan jelang lebaran merupakan waktu panen bagi perusahaan transportasi, baik itu tranportasi udara, laut, maupun darat.

Namun, pandemi menguubah semua itu karena tak banyak transportasi yang beroperasi.

Baca: Tak Pernah Didata Orang Ini Dikirimi Bantuan Covid-19 Rp 600 Ribu, Beritanya Viral

Hal ini disampaikan Awiek dalam rapat dengar pendapat Komisi VI DPR RI dengan para Direktur Utama BUMN transportasi, Rabu (29/4/2020).

"Seharusnya bulan-bulan ini bisnis transportasi mengalami puncaknya, namun pemerintah melarang mudik sehingga kemudian banyak yang tak beroperasi. Kondisi saat ini BUMN transportasi bisa mengatur ulang terkait skema bisnis ke depan," ujar Awiek, dalam keterangannya.

Politikus PPP tersebut mengatakan pengaturan kembali skema bisnis diperlukan agar BUMN transportasi dapat beradaptasi dengan keadaan saat pandemi berakhir.

Baca: Menkominfo Pastikan Keamanan Data Masyarakat Penggunan Layanan Psikologi Sejiwa

Selain itu, Awiek menilai BUMN dapat memanfaatkan waktu menghitung ulang semua layanan yang perlu ditingkatkan atau yang harus dihilangkan karena kerugian yang dialami.

"Untuk Garuda Indonesia misalnya, saya minta mengkaji ulang semua rute yang ada dan melaporkannya secara tertulis kepada Kementerian BUMN dan DPR. Sehingga kajian atas rute itu bisa dipertanggung jawabkan di kemudian hari," jelasnya.

Baca: Retno Marsudi Ungkap Kedekatannya Dengan Budi Karya Sumadi, Intens Beri Semangat Saat Menhub Sakit

Di sisi lain, Wakil Ketua Baleg DPR RI tersebut juga mengapresiasi langkah perusahaan-perusahaan BUMN yang tak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di tengah pandemi Covid-19 ini.

Awiek berharap skema tak dilakukannya PHK oleh perusahaan-perusahaan BUMN tersebut tetap bertahan hingga pandemi Covid-19 berakhir.

"BUMN telah memilih untuk menjadikan PHK sebagai alternatif paling terakhir saat menghadapi pademi Covid-19. Semoga skema itu tatap berlangsung hingga pademi covid-19 berlalu," katanya.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved