Dirjen IKP: WiFi Internet Jadi Kebutuhan Dasar Manusia Saat Ini

Penggunaan WiFi internet beragam mulai dari kebutuhan informasi, kegiatan kerja, komunikasi, hingga untuk penyaluran bantuan sosial

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Eko Sutriyanto
Reynas Abdila
Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo Prof. Widodo Muktiyo saat webinar tentang optimasilasi teknologi, Minggu (10/5/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo Prof Widodo Muktiyo mengatakan bahwa WiFi (Wireless Fidelity) sekarang menjadi kebutuhan dasar manusia di masa pandemi Covid-19.

Penggunaan WiFi internet beragam mulai dari kebutuhan informasi, kegiatan kerja, komunikasi, hingga untuk penyaluran bantuan sosial.

“Silaturahmi antar warga tetap terjadi meskipun tidak secara fisik yakni beralih ke media virtual, di mana masyarakat tetap menjaga produktivitas dalam bekerja,” kata Widodo saat webinar tentang optimasilasi teknologi, Minggu (10/5/2020).

“Masyarkaat juga saling bertukar informasi tentang perkembangan terakhir wabah pandemi covid-19 dan rasa empati membantu bagi yang membutuhkan,” sambungnya.

Menurutnya, wabah pandemi ini juga akan mengubah kebijakan ekonomi dan politik ke depan, konsep bekerja, budaya sehat, konsumerisme dan lain-lain.

"Inilah situasi yang kini kita hadapi. Akan ada perubahan pola perilaku manusia dalam menyikapi kebutuhan pangan dan kesehatan, tetapi fenomena saat ini, tidak hanya dua hal itu saja yang menjadi kebutuhan mendasar," ujarnya.

Baca: Berbeda dengan Natuna Lokasi Observasi di Pulau Sebaru Dilengkapi Wifi dan Kamar Tidur

Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial Asep Sasa Purnama menyebut pihaknya sangat terbantu dengan fasilitas internet yang kini sudah berkembang baik di Indonesia.

Lewat jaringan telekomunikasi, kini pendataan bantuan sosial bisa terakselerasi dengan cepat.

“Kita bisa dengan cepat mengetahui syarat-syarat bagi penerima bantuan sosial tunai setelag berkoordinasi lewat video conference dengan pemerintah daerah,” kata Asep.

“Komunikasi langsung via online sangat efektif untuk mendata wilayah yang butuh bantuan sosial tunai,” tukasnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved