Breaking News:

120 ABK WNI dari Jerman Dipulangkan dengan Pesawat Qatar Airways

Akibat pandemi Covid-19, perusahaan secara praktis tidak beroperasi sejak pertengahan Maret lalu.

TRIBUNNEWS.COM JAKARTA - Sebanyak 120 warga negara Indonesia (WNI) yang merupakan awak kapal Mein-Schiff 4 dan Mein Schiff-6 tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (9/5/2020).

Para ABK WNI tersebut diterbangkan dengan dengan pesawat Qatar Airways dari dua Bandara di Jerman, yaitu Frankfurt dan Munich menuju Bandara Doha, Jumat (8/5/2020).

Duta Besar Indonesia untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno mengatakan para WNI yang di pulangkan ke Indonesia merupakan ABK yang masa kontraknya habis atau akan habis dalam jangka waktu 30-60 hari mendatang.

Akibat pandemi Covid-19, perusahaan secara praktis tidak beroperasi sejak pertengahan Maret lalu.

Dubes RI berujar semua perusahaan bertanggung jawab dan menanggung biaya pemulangan sesuai standar regulasi.

"Semua bertanggung jawab untuk memulangkan kru-nya. Karena memang secara aturan mereka berkewajiban untuk itu," ujar Havas Oegroseno dalam keterangannya.

Para WNI yang pulang telah melalui serangkaian tes kesehatan sesuai protokol dan telah diberikan surat kelayakan perjalanan saat tiba di Jakarta

Dubes Havas Oegroseno juga menyebut mitra perusahaan anak WNI yang ada di Indonesia yaitu PT Demarine bertanggung jawab untuk memulangkan WNI ke daerah masing-masing yang sebagian besar berasal dari Bali, Surabaya dan Yogyakarta.

Pengaturan setelah tiba di Indonesia mereka yang tanggung. Cuma memang kebijakan internal perusahaan berbeda-beda. Jadi ada yang kordinasinya lebih lancar dari yang lain," ujarnya. 

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved