Breaking News:

Megawati Instruksikan Kepala Daerah dari PDIP Pelopori Kedaulatan Pangan

Perhatian Megawati Soekarnoputri terhadap pertanian memang sangat besar, bisa dilihat dari aneka koleksi umbi-umbian yang sangat lengkap

Istimewa
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri melakukan video konferensi kepada jajaran DPP partai, serta Azwar Anas Bupati Banyuwangi dan Joko Sutopo Bupati Wonogiri terkait instruksi menggelar rapid test untuk masyarakat demi mendeteksi virus corona atau Covid-19 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri menginstruksikan kepada kepala daerah PDIP mengambil pelajaran dari pandemi Covid-19 untuk kedepankan semangat berdikari di bidang ekonomi, termasuk di bidang kesehatan dan pangan.

Hal itu disampaikan Megawati saat memimpin Rapat DPP yang secara khusus membahas Politik Pangan melalui video konferensi, Senin (11/5/2020).

Baca: 9 Kejanggalan Persidangan Penyiraman Air Keras Versi Tim Advokasi Novel Baswedan

“Politik berdaulat di bidang pangan dengan cara berdikari, melalui kebijakan hulu-hilir, dimulai dari penelitian, pengembangan benih unggul, sarana dan prasarana untuk peningkatan produksi, pengolahan hasil, hingga pemasaran,” ucap Megawati sebagaimana disampaikan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Hasto menambahkan, perhatian Megawati Soekarnoputri terhadap pertanian memang sangat besar.

Perhatian itu bisa dilihat dari aneka koleksi umbi-umbian yang sangat lengkap, juga buku-buku pertanian.

"Beliau juga tercatat sebagai Presiden yang paling sering mengunjungi pusat penelitian Benih Padi Sukamandi, Jawa Barat. Karena itulah seluruh kepala daerah kami wajib mengedepankan politik pangan berdikari tersebut dan sekaligus berjuang bagi peningkatan kesejahteraan petani dalam pengertian luas," kata Hasto.

Hasto menambahkan, sejak tanggal 28 Maret 2020 yang lalu, Megawati sudah menginstruksikan agar seluruh kepala daerah PDI Perjuangan mencanangkan gerakan menanam tanaman yang bisa di makan seperti Sorgum, Umbi-umbian, Sagu, Talas, Sukun, Jagung, Porang hingga Ketela.

Hasto juga nenyebut, dalam telekonferensi itu para kepala daerah PDI Perjuangan juga berkomitmen untuk saling bekerja sama terutama melalui penelitian benih, kerjasama dengan perguruan tinggi dan lembaga penelitian, peningkatan produksi, pemasaran, dan komitmen untuk menghadirkan lumbung desa, badan usaha milik desa, pasar lelang komoditas, serta menggerakkan rakyat di dalam gerakan menanam.

Halaman
12
Berita Populer
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved