Breaking News:

Virus Corona

Usai Penyerahan Bantuan Kemanusiaan untuk Fiji Selesai, 39 WNI Ikut Pesawat TNI AU Pulang

Benyamin berharap agar Fiji dapat mengatasinya dengan baik dan dapat pulih kembali.

Penulis: Gita Irawan
puspen tni/puspen tni
Tentara Nasional Indonesia mengirim bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Indonesia ke Pemerintah Republik Fiji dengan mengunakan pesawat Hercules C130 seri A1318 milik TNI AU di Base Ops Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (12/5/2020). Bantuan kemanusiaan sebanyak 12,9 Ton berupa bahan-bahan makanan dan minuman serta beberapa barang lainnya seperti tenda peleton, tenda regu, handuk, selimut, untuk korban Topan Tropis Harold yang telah menghantam Republik Fiji. (TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bantuan Kemanusiaan Indonesia bagi korban Topan Harold di Fiji secara resmi telah diserahkan oleh Duta Besar Republik Indonesia R M Benyamin Scott Carnadi kepada Menteri Pertahanan Republik Fiji Inia Seruiratu di Bandara Internasional Nadi, Fiji pada Jumat pukul 09.00 waktu setempat (15/5/2020).

Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Laut (KH) H Agus Cahyono mengatakan pada kesempatan tersebut Benyamin menyampaikan bantuan kemanusiaan yang telah diserahkan merupakan wujud kepedulian dan dukungan negara Indonesia terhadap pemerintah Fiji dalam menanggulangi bencana alam Topan Harold.

Baca: Libatkan Polwan, Korlantas Serahkan 1.750 Paket Sembako

Benyamin berharap agar Fiji dapat mengatasinya dengan baik dan dapat pulih kembali.

Sementara itu Inia menyampaikan ucapan Terimakasih yang mendalam atas bantuan Indonesia dengan perjalanan yang sangat jauh ini.

Harapan pemerintah Fiji hal penyerahan bantuan tersebut akan semakin memperkokoh ikatan kerja sama antar kedua negara yang telah terjalin baik selama ini.

Ia juga meminta agar salam dari rakyat Fiji disampaikan untuk seluruh rakyat Indonesia.

Kedepan, Fiji ingin membangun kerjasama dengan Indonesia di bidang penanganan bencana alam, karena Fiji memandang bahwa Indonesia mempunyai banyak pengalaman dibidang tersebut.

Baca: Gadis 17 Tahun Tewas Diterkam Buaya Ompong di Kalimantan, Kondisi Korban Saat Ditemukan Tak Ada Luka

Selanjutnya pemerintah Fiji akan segera memberikan bantuan tersebut kepada warga Fiji yang terdampak Topan Harold di Pulau Kadavu.

"Usai mengemban misi bantuan kemanusiaan, pesawat Hercules C-130 seri A1318 milik TNI AU, mengangkut 39 Warga Negara Indonesia (WNI) yang sebagian besar merupakan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Fiji. Pesawat tersebut take off pukul 10.30 waktu setempat menuju tanah air," kata Agus dalam keterangan resmi Puspen TNI pada Jumat (15/5/2020).

Baca: Tinjau Kesiapan Tower 6 Wisma Atlet yang Akan Diubah Menjadi Rumah Sakit

Diberitakan sebelumnya Di tengah wabah virus Corona, pemerintah Indonesia memberikan bantuan kepada Republik Kepulauan Fiji yang terkena dampak bencana topan Harold pada 8 April 2020 lalu.

Bantuan yang diberikan berupa sembako dan beberapa keperluan lain seberat 12,9 Ton.

Pelepasan bantuan tersebut dipimpin langsung oleh Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (12/5/2020) sore.

Bantuan tersebut akan dibawa dengan pesawat Hercules milik TNI-AU ke Fiji.

"Sore ini saya berangkatkan pesawat Hercules ke republik Fiji. Dalam rangka mengirimkan bantuan kemanusiaan, dan rencananya pesawat akan melalui beberapa rute. Tidak hari ini langsung sampai. Lewat Makassar, Ambon, marauke dan kemudian melalui kali dunia dan kemudian menunju republik Fiji," kata Hadi saat memberikan pidato sambutan.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved