Breaking News:

Virus Corona

Kemendes: 1,6 Juta Warga Bergabung dengan Relawan Desa untuk Tangani Covid-19

Budi Arie Setiadi mengatakan saat ini jumlah masyarakat yang bergabung dengan relawan desa mencapai satu juta orang lebih.

Ist
Budi Arie Setiadi 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi membentuk relawan desa untuk mencegah penyebaran virus corona di wilayah desa.

Wakil Menteri Desa-PDTT Budi Arie Setiadi mengatakan saat ini jumlah masyarakat yang bergabung dengan relawan desa mencapai lebih dari satu juta orang.

"Prinsip gotong royong harus ada di desa dengan prinsip kerja relawan desa melawan Covid-19. Relawam desa telah terbentuk di 58.464 desa dengan relawan mencapai 1,6 juta orang," ujar Budi dalam diskusi daring yang digelar Sejajar, Selasa (19/5/2020).

Budi mengatakan sejumlah tugas dilakukan oleh relawan desa untuk menangkap virus corona di wilayahnya.

Baca: Respons KPK Sikapi Permintaan Jokowi Kawal Bansos Covid-19: Masih Ada Kesemrawutan

Baca: Vaksin Covid-19 Belum Ditemukan, Achmad Yurianto Ajak Masyarakat Adaptasi dengan Hidup New Normal

Tugas relawan Covid-19 tersebut mulai dari memberikan edukasi, menyiapkan ruang isolasi, melakukan penyemprotan disinfektan, mendata, penyediaan alat kesehatan, deteksi dini, informasi, hingga memastikan tidak ada kerumunan.

Budi mengatakan saat ini bahkan sejumlah relawan desa telah melakukan pemantauan untuk mencegah kedatangan pemudik.

"Kerjanya sudah di bawah, pemantauan kami kesadaran desa sudah tinggi, untuk mudik saja banyak desa yang menghalangi untuk mudik. Jadi akses desa ditutup sedemikian rupa, dijaga sedemikian rupa. Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona," tutur Budi.

Kemendes PDTT mencatat dari desa yang telah mendirikan ruang isolasi berjumlah 8.954 desa, dengan fasilitas lebih dari 35.000 tempat tidur.

Seperti diketahui, relawan desa ini beranggotakan kepala desa sebagai ketua, ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai wakil dan aparat desa serta berbagai tokoh sebagai anggota. Dalam pelaksanaan kegiatan, Babinkamtibmas, babinsa dan pendamping desa berperan sebagai mitra.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved