Breaking News:

Virus Corona

Seperti Main Tebak-tebakan, Kebijakan Jokowi Soal Corona Dinilai Tidak Jelas

Agus menegaskan, seluruh dunia telah memiliki acuan dalam membuat kebijakan terkait penanganan Covid-19.

Tribunnews/Irwan Rismawan
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai meninjau kesiapan penerapan prosedur standar new normal (normal baru) di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2020). 

Laporan Reporter Abdul Basith Bardan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio menilai kebijakan Presiden Joko Widodo dalam penanganan virus corona (Covid-19) tidak jelas. Termasuk kebijakan saat ini yang melibatkan TNI dan Polri untuk pendisiplinan menuju kenormalan baru.

Agus menilai kebijakan yang dikeluarkan tak memiliki dasar. "Tebak-tebak saja, kira-kira, ga ada dasarnya (membuat kebijakan)," ujar Agus saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (26/5).

Agus menegaskan, seluruh dunia telah memiliki acuan dalam membuat kebijakan terkait penanganan Covid-19. Salah satunya adalah hasil tes untuk menunjukkan kurva penularan Covid-19.

Baca: Anies Minta untuk Sementara Waktu Jangan ke Jakarta Dulu

Acuan tes yang digunakan minimal 10.000 per satu juta penduduk. Sementara Indonesia sendiri masih jauh di bawah angka tersebut sehingga belum memiliki data yang empiris.

Baca: Jokowi Turunkan TNI dan Polri untuk Disiplinkan PSBB ke Warga di 25 Kabupaten/Kota Ini

"Ketika itu tidak ada lalu kita ambil kebijakan berdasarkan apa, kira-kira kan, kalau berdasarkan kira-kira pertanggungjawabannya bagaimana," terang Agus.

Baca: 671 Travel Gelap Terjaring Operasi Ketupat Jaya 2020 di 30 Hari Terakhir

Sebelumnya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Suharso Monoarfa bilang tes Covid-19 baru sekitar 743 per satu juta penduduk.

Satu bulan ke depan akan digenjot tetapi target yang diperkirakan masih rendah sekitar 1.838 per satu juta penduduk.

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Hadapi corona, kebijakan Jokowi dinilai tak jelas dan seperti main tebak-tebakan

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved