Breaking News:

Virus Corona

Masyarakat Tidak Perlu Khawatir TNI Dilibatkan Saat Era 'New Normal'

Masyarakat diminta tidak khawatir TNI dilibatkan melakukan pendisiplinan bersama Polri saat era 'New Normal'.

WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
JELANG NEW NORMAL - Petugas gabungan TNI, Polri dan keamanan Angkasa Pura 2 sedang melaksanakan penerapan protokol kesehatan secara ketat kepada calon penumpang jelang diberlakukannya new normal, di Terminal 2 , Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (4/6/2020). WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masyarakat diminta tidak khawatir TNI dilibatkan melakukan pendisiplinan bersama Polri saat era 'New Normal'. TNI-Polri dipastikan tidak akan bertindak melebihi kewenangan yang telah diatur dalam undang-undang.

“TNI itu bukan momok masyarakat. Mereka berperan untuk menjaga keberlangsungan kehidupan masyarakat untuk dapat hidup selaras dalam kondisi new normal.

Polri-TNI tidak akan bertindak melebihi kewenangan yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan,” ujar Anggota Komisi I DPR Nurul Arifin dalam pernyataannya kepada Tribun, Kamis(4/6/2020).

Ketertiban kata Nurul menjadi hal yang penting saat ada pandemi Covid-19 yang hingga kini belum ditemukan vaksinnya.

Baca: Pelindo I Optimalkan Layanan Online untuk Persiapan Menjelang New Normal

Baca: Pentingnya Gotong Royong untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Baca: Sirvi Arvani Bocorkan Kesuksesan Dirinya Sabet Gelar Top Skor Liga 2 Indonesia Musim 2019 lalu

Apalabila semua elemen masyarakat tertib kata dia pastinya akan membawa dampak baik bagi kesehatan, menyusul perekonomian, kemudian berlanjut keamanan dan terakhir ke politik.

"Kita harus memastikan bahwa masyarakat terlindungi dan terjamin kebutuhannya” ujar Nurul.

Menurut Nurul pelibatan TNI adalah tindakan untuk meminimalisir pelanggaran dan memberikan advokasi tentang protokol kesehatan.

Ia juga menilai langkah pemerintah melibatkan TNI dalam menjaga kedisiplinan protokol kesehatan pada era normal baru sangat strategis.

Hal itu sudah sesuai dengan UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.

“Namun saat ini yang harus dioptimalkan adalah edukasi dari petugas kesehatan agar masyarakat benar-benar memiliki kesadaran tentang penularan Covid 19 dan bagaimana upaya preventifnya,” kata Nurul.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga memberikan apresiasi kepada TNI dan Polri terkait Iangkah dan dukungan yang telah dilakukan baik bidang medis maupun non medis.

Pada era normal baru, TNI dan Polri akan terlibat untuk melaksanakan penegakan disiplin protokol kesehatan di ruang-ruang publik di seluruh wilayah Indonesia.

“Selain itu TNI juga dilibatkan dalam melaksanakan pengawalan dalam pendistribusian alat kesehatan ke seluruh Gugus Tugas Daerah/Provinsi dan melaksanakan pengamanan Perusahaan Produsen APD,” ujar Nurul tentang peran TNI selama penanganan pandemi Covid-19.

“Ada 14 tugas pokok TNI selain perang. Beberapa diantaranya adalah membantu tugas kepolisian dan pemerintah daerah serta terlibat dalam menanggulangi bencana alam,” pungkas Nurul. (Willy Widianto)

Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved