Breaking News:

Karyono Sebut Bodoh Jika Ada Kelompok Ingin Kudeta Tanpa Memenuhi Syarat Ini

Kudeta dapat berhasil jika mendapatkan dukungan masyarakat secara masif dan pihak militer dengan perencanaan yang matang

ISTIMEWA
Karyono Wibowo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Ekskutif Indonesia Public Institute Speaker, Karyono Wibowo menyebut tidak mudah melakukan kudeta pemerintahan yang sah, tanpa memenuhi beberapa syarat.

Menurutnya, syarat yang harus terpenuhi yaitu adanya kesenjangan yang lebar, pembungkaman demokrasi.

Kemudian pelarangan hak berpendapat warga negara dan kemiskinan merajale di dalam negeri.

Baca: Cerita di Balik Masker Kumis Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo

"Itu perlu dikaji, apakah prasyarat itu memenuhi. Kalau menurut saya belum memenuhi untuk melakukan kudeta," ujar Karyono dalam diskusi online bertema "Siapa Mau Kudeta?", Jakarta, Selasa (9/6/2020)

"Jadi betapa bodohnya jika seandainya ada orang atau kelompok tertentu, nekad melakukan kudeta tanpa dilatarbelakangi prasyarat tadi," sambungnya.

Baca: Maruarar: Presiden Dipercaya Publik 82%, Kinerja Pemerintah Hadapi Covid-19 Kian Baik

Selain itu, kata Karyono, kudeta dapat berhasil jika mendapatkan dukungan masyarakat secara masif dan pihak militer, dengan perencanaan yang matang.

Namun, Karyono melihat masyarakat serta militer sampai saat ini masih solid dan percaya kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Pertangannya, apakah ada kelompok militer dan masyarakat sipil yang melakukan konsolidasi (untuk kudeta). Menurut pengamatan saya militer atau TNI masih solid sampai saat ini," papar Karyono.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved