Breaking News:

Ketua Komisi X DPR RI Dorong Unusia Jadi Kampus Riset

Banyak intelektual berlatar NU yang bisa memberikan sumbangsih dalam bentuk pemikiran dan hasil penelitian untuk Unusia.

Istimewa
Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda mendorong Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) menjadi kampus berbasis riset. 

Unusia harus menjadi yang terdepan terkait data dan kajian mengenai Keislaman dan Keindonesiaan di tanah air. 

"Kita berharap di masa mendatang seluruh dunia, merujuk ke Unusia jika ingin mengetahui berbagai tema tentang Keindonesiaan dan Keislaman. Termasuk bagaimana demokrasi bisa bersanding dengan nilai-nilai Islam, tentang Islam Nusantara, tentang Islam Moderat dan berbagai tema yang selama ini menjadi kajian mendalam keluarga besar Nadhlatul Ulama (NU)," ujar Syaiful Huda saat menjadi narasumber dalam halal-bihalal keluarga besar Unusia, Rabu (6/10/2020).

Dia menjelaskan saat ini sumber daya NU sangat memadai untuk mendukung Unusia sebagai kampus riset di Indonesia. 

Baca: Bebas dari Penjara atas Kasus Pembunuhan Kekasihnya, Lidya Pratiwi Ganti Nama Jadi Maria Eleanor

Banyak intelektual berlatar NU yang bisa memberikan sumbangsih dalam bentuk pemikiran dan hasil penelitian untuk Unusia. 

"Kami meyakini resources ada. Banyak intelektual NU yang mengabdi di kampus-kampus terkemuka dalam dan luar negeri. Unusia bisa menjadi center excellent riset-riset sosial keagamaan di Indonesia," katanya. 

Huda mengatakan keberadaan Unusia sangat penting bagi NU dan Indonesia. 

Apalagi saat ini angka partisipasi kasar pendidikan Indonesia khususnya di level Perguruan Tinggi masih tergolong rendah. 

Baca: Berkolaborasi di Youtube, Nabilla Gomes Bantah Sedang Didekati Sule

"Upaya meningkat angka partisipasi kasar di Indonesia menjadi concern banyak pihak termasuk oleh Presiden Jokowi, kita berharap Unusia menjadi salah satu alternatif perguruan tinggi yang berkualitas bagi generasi muda di Indonesia," ujarnya. 

Politikus PKB ini berharap kedepan NU dan Unusia ikut bersama-sama mewujudkan anggaran pendidikan 20 persen dari APBN sepenuhnya untuk kepentingan pendidikan.

Halaman
12
Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved