Breaking News:

Bulan Bung Karno

Film sebagai Sarana Memperkuat Kebudayaan Nasional

Budaya lebih merujuk kepada pola pikir seorang manusia dalam segala hal yang berkaitan dengan rasa yang disebut komunikasi

Warta Kota/Nur Ichsan
Sutradara sekaligus pemain film Akhir Kisah Cinta Si Doel, Rano Karno mengunjungi Kantor Redaksi Tribunnews dan Warta Kota di kawasan Palmerah, Jakarta Pusat, Kamis (16/1/2020) siang. Film yang menceritakan kisah terakhir percintaan Si Doel (Rano Karno) dengan Sarah (Cornelia Agatha) dan Zainab (Maudy Koesnaedi) ini rencananya akan mulai tayang di bioskop pada 23 Januari. Warta Kota/Nur Ichsan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI fraksi PDI Perjuangan Rano Karno mengatakan film tidak hanya sebagai sarana hiburan semata, namun juga bisa dijadikan alat untuk memperkuat kebudayaan nasional.

Demikian diikatakan Rano Karno dalam webinar Bulan Bung Karno yang mengangkat tema "Rakyat Sumber Kebudayaan Nasional", Selasa (16/6/2020).

"Jadi memang sejak zaman perjuangan, film Itu adalah sebuah strategi untuk memajukan sebuah kebudayaan nasional. Jadi film itu bukan hanya sebagai hiburan semata, memiliki tujuan yang dilakukan Indonesia pada waktu itu," kata Rano.

Pria yang lekat dengan sosok Si Doel Anak Sekolahan itu menegaskan film memiliki peran strategis dalam peningkatan ketahanan budaya bangsa.

Baca: Negara-negara ASEAN Tidak Masuk Travel Bubble Indonesia, Ini Alasannya

Dan kesejahteraan masyarakat lahir batin untuk memperkuat ketahanan nasional.

Hal itu sesuai dengan UU nomor 33 tahun 2009 tentang Perfilman.

"Jadi ini memang untuk self defense, agar ideologi kita tidak terganggu. Karena itu negara bertanggung jawab untuk memajukan perfilman," ujarnya.

Lebih lanjut, Rano menjelaskan definisi kebudayaan itu sendiri.

Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia, Rano mengatakan budaya diartikan sebagai adat istiadat, akal pikiran maupun budi.

Baca: Orasi Ilmiah Pengukuhan Guru Besar IAIN Jember, LaNyalla Titip Perkuat Pendidikan Budi Pekerti

Halaman
12
Penulis: chaerul umam
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved