Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Kepala Departemen Epidemologi Unair: Penyelenggaraan Pilkada Tergantung Pengendalikan Pandemi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di masa pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Kompas.com/PRIYOMBODO
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di masa pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Kepala Departemen Epidemologi Universitas Airlangga (Unair), Atik Choirul Hidajah, mengungkapkan aktivitas pilkada serentak dapat memberi risiko terjadinya penularan virus tersebut.

"Peluang Pilkada Serentak sangat tergantung bagaimana upaya untuk mengendalikan pandemi," kata dia, pada saat sesi diskusi "Pilkada Serentak Ditengah Kondisi New Normal", Sabtu (20/6/2020).

Baca: Satgas Nusantara: Isu Primordialisme Masih Menjadi Potensi untuk Kerawanan Pilkada

Menurut dia, salah satu tahapan yang berpotensi menjadi penyebaran virus adalah pada saat pemungutan suara.

Meskipun sudah menerapkan protokol kesehatan, namun, kata dia, kerumunan orang untuk menggunakan hak suara berpotensi menjadi cluster penyebaran virus.

"Saya melihat kegiatan misalnya pemungutan suara dan sebagainya masih secara langsung. Yang ini masih ada meskipun sudah diatur orang yang tidak sehat, tidak boleh masuk ke TPS. Masih ada kontak," kata dia.

Dia menyarankan agar pemungutan suara menggunakan sistem e-voting.

"Apakah memungkinkan kira-kira vote diberikan dengan cara digital, karena rasanya hampir tidak ada orang yang tidak mempunyai smartphone. Lebih meminimalkan sekali," tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengatakan pemungutan suara dan penghitungan suara pada 9 Desember 2020 akan tetap diselenggarakan secara langsung di tempat pemungutan suara (TPS).

Halaman
12
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved