Breaking News:

Puan Maharani: Pelayanan Kesehatan Harus Dapat Menjangkau Seluruh Rakyat Indonesia

Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyampaikan pembangunan bidang kesehatan harus merata di seluruh Indonesia.

Eot/Man (dpr.go.id)
Puan Maharani saat mengikuti pertemuan ASEAN-AIPA Interface secara virtual dari ruang kerjanya di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Jumat (26/6/2020). 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyampaikan pembangunan bidang kesehatan harus merata di seluruh Indonesia.

Hal itu ia sampaikan dalam sambutan di Webinar IV Peringatan Bulan Bung Karno, Selasa (30/6/2020).

Webinar tersebut bertema Politik Kesehatan Berdikari.

“Amanat konstitusi kita sudah jelas, bahwa kesehatan adalah kebutuhan dasar rakyat dan pemenuhannya dijamin oleh Negara. Karena itu pembangunan di bidang kesehatan harus diarahkan agar pelayanan kesehatan dapat menjangkau seluruh rakyat Indonesia,” ungkap Puan.

Puan menyebutkan perlu ada komitmen yang kuat dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah, untuk menyediakan pelayanan kesehatan yang dapat menjangkau seluruh rakyat Indonesia.

“Wujud nyata dari komitmen itu salah satunya adalah dalam memanfaatkan alokasi anggaran kesehatan yang efektif bagi pembangunan kesehatan Indonesia,” ujarnya.

Baca: Puan Serukan Gotong Royong ASEAN-AIPA untuk Tangani Covid-19

Puan juga mengungkapkan politik kesehatan berdikari, sebagai kebijakan politik untuk membangun kekuatan nasional di bidang kesehatan, perlu diarahkan untuk memperkuat dan mempertajam kebijakan-kebijakan nasional.

Antara lain :

- Fasilitas kesehatan yang dapat diakses oleh masyarakat;

- Formasi tenaga kesehatan di setiap Rumah Sakit dan Puskesmas;

Halaman
123
Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved