Breaking News:

Pro Kontra RUU HIP

Bertemu Pimpinan MPR, LVRI Usul RUU HIP Jadi RUU PIP

Try Sutrisno mengatakan kedatangannya bersama para purnawirawan TNI untuk menyampaikan pandangan dan usulan terhadap RUU HIP.

Tribunnews.com/Chaerul Umam
Pimpinan MPR RI menerima kunjungan Purnawirawan TNI yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) untuk bersilaturahmi dan membahas Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pimpinan MPR RI menerima kunjungan Purnawirawan TNI yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) untuk bersilaturahmi dan membahas Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Dalam kesempatan itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo beserta Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Arsul Sani dan Syarief Hasan hadir menerima kunjungan dari Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno, Ketua Umum LVRI Syaiful Sulun dan Ketua Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) Kiki Syahnakri.

Baca: Demokrat Minta RUU HIP Didrop karena Degradasi Pancasila

Try Sutrisno mengatakan kedatangannya bersama para purnawirawan TNI untuk menyampaikan pandangan dan usulan terhadap RUU HIP.

Mereka mengusulkan RUU HIP diubah menjadi RUU Pembinaan Ideologi Pancasila, mulai nomenklatur, judul hingga substansinya.

"Kedatangan kami ke sini untuk memberikan saran pandangan bahwa RUU itu kita harapkan sudah harus diganti, baik nomenklaturnya, judulnya maupun isinya," kata Try Sutrisno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/7/2020).

Baca: Rapat dengan Baleg DPR, Yasonna sebut Pemerintah Masih Kaji RUU HIP

Kemudian, dia menjelaskan bahwa kehadiran RUU HIP berpotensi bermasalah di kemudian hari.

Sebab, dari judulnya saja yaitu Haluan Ideologi Pancasila bisa menimbulkan kontroversi.

"Karena kalau judulnya itu haluan, ini bisa nanti kontroversi antara disiplin ilmu politik Pancasila sebagai state fundamental norm ada di atas. Undang-undang ini melaksanakan penjabaran pelaksanaan dari pada aturannya. Oleh karena itu sepantasnya RUU ini diubah judulnya sekarang menjadi Rancangan Undang-Undang Pembinaan Ideologi Pancasila," katanya.

Try Sutrisno menjelaskan pembinaan ideologi Pancasila adalah kegiatan yang dimaksudkan untuk melaksanakan, menanamkan dan menjaga nilai-nilai Pancasila agar ditegakkan dan diterapkan oleh seluruh penyelenggara negara dan seluruh elemen masyarakat di segala bidang kehidupan.

Halaman
12
Penulis: chaerul umam
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved