Breaking News:

Kasus Suap di MA

KPK Periksa Karyawan Money Changer Usut Kasus Suap dan Gratifikasi Mantan Sekretaris MA Nurhadi

Tim penyidik KPK menjadwalkan pemeriksaan tiga saksi untuk melengkapi berkas penyidikan bekas Sekretaris MA Nurhadi, Kamis (2/7/2020).

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Tersangka kasus dugaan suap gratifikasi senilai Rp46 miliar Nurhadi berjalan usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (10/6/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengusut kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait perkara di Mahkamah Agung (MA) pada tahun 2011-2016.

Tim penyidik KPK menjadwalkan pemeriksaan tiga saksi untuk melengkapi berkas penyidikan bekas Sekretaris MA Nurhadi, Kamis (2/7/2020).

Ketiga saksi itu ialah karyawan Bali Inter Money Changer Deni Setiyanto serta dua karyawan swasta, Adiwono Dewantoro dan Agnes Jennifer.

"Ketiga saksi diperiksa untuk tersangka NHD [Nurhadi]," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya.

Baca: KPK Periksa Pemilik Bank Yudha Bakti terkait Kasus Nurhadi

Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) pernah mengungkapkan bahwa Nurhadi rutin menukarkan uang di money changer kawasan Jakarta.

"Biasanya tiap minggu menukarkan uang dua kali sekitar Rp1 miliar untuk kebutuhan sehari-hari dan akhir pekan lebih banyak sekitar Rp1,5 miliar untuk gaji buruh bangunan serta gaji para pengawal," kata Boyamin, Sabtu (9/5/2020).

Dalam kasus mafia hukum di MA ini, Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) Hiendra Soenjoto diduga kuat telah menyuap dua tersangka lainnya yakni, mantan Sekretaris MA Nurhadi dan menantunya, Rezky Herbiyono.

Baca: Pendeta James Palk Tandatangani Dokumen yang Disita KPK dari Kasus Nurhadi

Adapun, suap diberikan berupa sembilan lembar cek dengan total Rp46 miliar. Suap ditujukan untuk menangani sebuah perkara di MA.

Perkara yang ditangani pertama, berasal dari kasus perdata PT MIT melawan PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero) atau PT KBN, dan perkara perdata saham di PT MIT.

Halaman
12
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved