Breaking News:

Kemenag: 1.073 Jemaah Ajukan Pengembalian Setoran Pelunasan Haji

"Sampai sore ini, tercatat sudah ada 1.073 jemaah yang mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan," ujar Muhajirin

(Tribunnews/Darmawan/MCH2019)
ILUSTRASI - Jamaah hajinindonesia kloter JKS 11 memasuki ruang tunggu fasilitas IYAB yang merupakan jalur khusus kepulangan cepat di bandara King Abdul Aziz Jeddah, Selasa (20/8/2019). Sebanyak 16 kloter terbang jamaah haji indonesia mendapatkan fasilitas IYAB difasilitasi oleh pemerintah arab saudi. (Tribunnews/Darmawan/MCH2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Muhajirin mengungkapkan jemaah yang mengajukan pengembalian setoran pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 1441H telah mencapai 1073 orang.

"Sampai sore ini, tercatat sudah ada 1.073 jemaah yang mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan," ujar Muhajirin, Selasa (7/7/2020).

Baca: Menag Sebut 955 Calon Jemaah Haji Sudah Terima Uang Pengembalian Setoran Lunas

Sementara itu, sekitar 1030 jemaah telah mendapatkan Surat Perintah Membayar (SPM) dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Jemaah yang telah mendapatkan SPM tinggal menunggu penyaluran dana dari Bank Penerima Setoran Bipih. Muhajirin bahkan menyebut seharusnya dana tersebut sudah tersalur kepada jemaah.

"Sebanyak 1030 jemaah sudah keluar Surat Perintah Membayar dan mestinya sudah terkirim uangnya ke rekening mereka," tutur Muhajirin.

Jemaah yang mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan, tersebar di 34 provinsi. Jawa Tengah menjadi provinsi dengan jumlah jemaah terbanyak yang mengajukan permohonan pengembalian pelunasan, yakni 200 orang.

Urutan terbanyak berikutnya adalah Jawa Timur (199), Jawa Barat (151), Sumatera Utara (68), dan Lampung (52).

Baca: Jemaah Haji Dilarang Sentuh Kabah dan Hajar Aswad, Harus Bawa Sajadah Sendiri

Provinsi Maluku baru satu jemaah yang mengajukan permohonan.

Ada dua provinsi dengan dua jemaah mengajukan pengembalian setoran awal, yaitu: Maluku Utara dan Papua.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved