Breaking News:

Komisi III Klaim Tak Jumpai Tahanan Saat Sidak di Rutan KPK

Demi menghindari konflik kepentingan, Ketua Komisi III DPR Herman Hery mengatakan pihaknya tak menemui tahanan saat melakukan sidak.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua KPK Firli Bahuri (kanan) bersama Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery (kiri) usai rapat dengar pendapat antara Komisi III dengan KPK di gedung KPK, Jakarta, Selasa (7/7/2020). Komisi III DPR melakukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan KPK secara tertutup di gedung KPK yang dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke rumah tahanan KPK. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Seusai menggelar rapat tertutup dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisi III DPR RI menyidak rutan K4 yang berlokasi di belakang Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

Demi menghindari konflik kepentingan, Ketua Komisi III DPR Herman Hery mengatakan pihaknya tak menemui tahanan saat melakukan sidak.

"Kami tadi turut ke rumah tahanan, perlu diingat kami tidak bertemu dengan tahanan, tidak bertemu dengan tahanan. Tidak ada kepentingan bertemu dengan tahanan KPK," kata Herman usai menyambangi Rutan K4 KPK, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Baca: Komisi III Minta KPK Awasi Dana Covid-19 agar Tidak Dibobol Penumpang Gelap

Herman menegaskan pihaknya hanya melihat prosedur keluar masuk Rutan K4. Baik bagi pengunjung maupun tahanan.

"Sehinga tadi kami dapat penjelasan dari ketua KPK bagaimana prosedur di era pandemik ini, kunjungan dilakukan secara virtual. Kami diberikan contoh  didalam tadi. Kami juga melihat ruang tahanan itu seperti apa. Dan kami tadi udah lihat tadi di dalamnya, dan tidak bertemu dengan satu orang pun tahanan, karena itu etika," jelasnya.

Baca: ICW Mempertanyakan Urgensi RDP DPR Digelar di Kantor KPK

Dirinya juga menegaskan bahwa kedatangan Komisi III DPR ke kantor KPK hanya melihat kondisi gedung lembaga antirasuah itu serta penguatan-penguatan yang dibutuhkan KPK.

"Kok datang ke gedung KPK gak di DPR saja? ya tadi saya bilang ada aturan. Datang ke KPK, kami juga ingin melihat, sejak gedung KPK yang baru ini jadi, sebagian besar anggota Komisi III DPR ini baru masuk di periode ini, juga ingin tau, seperti apa KPK itu," katanya.

"Hanya lewat-lewat didepan saja, bentuk selnya seperti apa? Sehingga kami merasa perlu untuk dalam bentuk pengawasan mengajak anggota Komisi III melihat fasilitas yang ada di KPK, kenapa? Karena fasilitas itu, anggarannya juga kami yang menyetujui. Dalam fungsi itu, kami juga ingin lihat hasilnya seperti apa," imbuhnya.
 

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved