Breaking News:

Penerimaan CPNS

Pemerintah Pastikan Tak Ada Penerimaan CPNS untuk Dua Tahun ke Depan

Selama dua tahun ke depan penerimaan CPNS akan ditiadakan, kecuali untuk penerimaan sekolah kepolisian dan militer.

Tribunnews
Tes seleksi penerimaan CPNS 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anda yang saat ini tengah menunggu lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau calon aparatur sipil negara (ASN), bersiap-siaplah gigit jari. Pasalnya, pemerintah memastikan tak akan ada penerimaan CPNS untuk dua tahun ke depan.

Menurut Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo, selama dua tahun ke depan penerimaan CPNS akan ditiadakan, kecuali untuk penerimaan sekolah kepolisian dan militer.

"Rekrutmen CPNS perlu kita data. Dua tahun ini enggak ada. Kecuali kedinasan yang memang sudah terprogram. (Misalnya) Akpol (Akademi Polisi), Akmil (Akademi Militer) yang lain tetap di 2021," kata Tjahjo saat rapat dengan Komisi II DPR, di Jakarta, Senin (6/7/2020).

Tjahjo menjelaskan, penerimaan PNS saat ini akan dilakukan sesuai kebutuhan pemerintah ke depannya. Ia mencontohkan, personel harus memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh pemerintah.

"Semisal yang bidang laut apa, udara apa, sesuai kebutuhan," ujar Tjahjo.

Presiden Jokowi, kata Tjahjo, sudah memerintahkan untuk menyederhanakan birokrasi dan mempercepat perizinan. Sebab langkah tersebut dinilai dapat memangkas anggaran cukup besar.

"Tahap ini kami target selesai akhir tahun," ujarnya.

Selain meniadakan penerimaan CPNS selama 2 tahun ke depan, pemerintah juga mengundur pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Formasi Tahun 2019.

Baca: Mahfud MD Ungkap Dirinya Pernah Gagal Tes CPNS: Tuhan Membuka Pintu Agar Saya Jadi Menteri

Baca: Ada Peserta Bawa Jimat Pasir Dibungkus Kain Putih Saat Ikut Tes CPNS

Tahap tersebut rencananya akan digelar setelah pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar Sekolah Kedinasan Formasi Tahun 2020.

Kemungkinan, tes SKB paling cepat digelar mulai Agustus 2020.

Halaman
12
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved