Breaking News:

PKB Umumkan Prinsip Dasar Haluan Politik Internasional

(PKB) mengumumkan visinya tentang haluan politik internasional yang digambarkan sebagai jabaran dari wawasan warisan para Bapak Pendiri Bangsa kedalam

Tribunnews/JEPRIMA
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar saat menghadiri penyerahan bantuan peduli Covid-19 dikantor DPP PKB di Jakarta Pusat, Minggu (17/5/2020). Penyerahan bantuan 300 ribu paket sembako dan 1 Juta masker diserahkan PKB secara simbolis melalui DPW PKB seluruh Indonesia. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengumumkan visinya tentang haluan politik internasional yang digambarkan sebagai jabaran dari wawasan warisan para Bapak Pendiri Bangsa kedalam strategi politik. 

Hal ini dilakukan untuk menapakkan posisi Indonesia diantara bangsa-bangsa dunia sebagai salah satu kontributor utama dalam memperjuangkan kemuliaan peradaban umat manusia.

"Prinsip-prinsip universal yang harus diusung sebagai haluan politik internasional Indonesia, berdasarkan wawasan yang diwariskan oleh para Bapak Pendiri Bangsa," ujar Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat PKB Abdul Muhaimin Iskandar, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/7/2020).

Menurut Cak Imin, begitu dia disapa, ada empat prinsip universal yang harus diusung. Prinsip pertama yaitu memperlakukan sesama secara adil dan sederajat. Atau dengan kata lain tanpa memandang suku atau agama; tanpa permusuhan atau kebencian; dan tanpa berusaha meminggirkan atau menyingkirkan. 

Prinsip kedua, menerima dan menghormati negara bangsa yang berdaulat sebagai sistem politik yang mengikat warga dari setiap bangsa, tanpa menyebarkan atau mengejar agenda supremasi terhadap bangsa lain.

Baca: Kinerjanya Dianggap Jelek, PKB Minta Jokowi Copot dan Ganti 3 Menteri Non Parpol Ini

Sementara prinsip ketiga, menerima dan menghormati hukum negara sebagai tatanan yang mengikat semua warganya, dan tidak memberikan ruang bagi siapa pun untuk menjadikan agama sebagai pembenaran atas tindakan melawan hukum. Apalagi untuk menghasut dan/atau berpartisipasi dalam pemberontakan terhadap otoritas yang sah.

Prinsip keempat yaitu memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

"Prinsip-prinsip universal itu adalah jawaban bagi bermacam kemelut yang melanda dunia internasional dewasa ini," kata Cak Imin. 

Cak Imin kemudian menyinggung seruan Gus Dur dalam artikel yang dimuat di Wall Street Journal tahun 2005 yang lalu. 

Dalam artikel itu, Gus Dur mengatakan bahwa 'Sudah waktunya bagi semua orang yang beritikad baik dari setiap agama dan bangsa untuk mengakui bahwa bahaya mengerikan mengancam umat manusia'. 

Halaman
12
Berita Populer
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved