Breaking News:

Menhan Diminta Garap Lumbung Pangan Nasional, Gerindra: Presiden Jokowi Percaya Kapasitas Prabowo

rekam jejak Prabowo di dunia pertanian sudah lama terlihat, di mana Ketua Umum Partai Gerindra itu pernah memimpin Himpunan Kerukunan Tani Indonesia

Arief/mr
Anggota Komisi IV DPR RI, Budisatrio Djiwandono 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IV G. Budisatrio Djiwandono menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempercayai kapasitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam menangani persoalan pangan nasional.

Hal tersebut disampaikan Budisatrio menyikapi penunjukan Presiden kepada Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo, sebagai leading sector menggarap proyek lumbung pangan nasional atau food estate.

"Dalam hal ini saya melihat Presiden percaya dengan kapasitas Pak Prabowo terkait ketahanan pangan," ujar Budisatrio saat dihubungi Tribunnews, Jakarta, Jumat (10/7/2020).

Baca: Presiden Jokowi Tunjuk Prabowo Jadi Leading Sektor Lumbung Pangan di Kalteng

Menurutnya, rekam jejak Prabowo di dunia pertanian sudah lama terlihat, di mana Ketua Umum Partai Gerindra itu pernah memimpin Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

"Konsep strategi dorongan besar terkait ketahanan pangan, air, dan energi sudah dari dulu dikumandangkan oleh Pak Prabowo," paparnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau lokasi Food Estate di Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (9/7/2020).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau lokasi Food Estate di Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (9/7/2020). (Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda)

Budisatrio menyebut, ancaman perang ke depan yang harus diwaspadai semua pihak yaitu bukan berbentuk fisik, tetapi persoalan pangan.

Oleh sebab itu, Ia melihat langkah pemerintah mengembangkan food estate dan cadangan logistik strategis terkait pangan yang dikelola TNI dibantu komponen cadangan, sebagai bentuk pertahanan negara menghadapi ancaman non-militer.

"Non-militer antara lain supply pangan strategis, obat-obatan dan energi. TNI punya tenaga dan personel besar yang bisa membantu mempercepat pembukaan lahan untuk produksi pangan," ujarnya.

"Pembangunan lumbung pangan ini tetap didukung oleh Menteri Pertanian, dan juga Menteri PUPR. Sejatinya, ini adalah gagasan atau terobosan yang extraordinary dan saya menyambut baik langkah tersebut," sambung Budisatrio.

Berita Populer
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved