Breaking News:

Virus Corona

Kemenag Perbolehkan Madrasah di Zona Hijau Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Tahun ajaran 2020/2021, akan dimulai pada 13 Juli 2020.Bagi madrasah yang berada di luar zona hijau dapat meneruskan pembelajaran jarak jauh.

WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
BAGI RAPOR BERGILIR - Untuk menghindari kerumunan di tengah pandemi Covid-19, pembagian rapor peserta didik di SD Negeri Tanah Tinggi 1 Kota Tangerang, pihak sekolah melakukan pengaturan waktu pembagian secara bergiliran per kelas, Jumat (3/7/2020). Pembagian rapor semester genap 2019/2020 ini dalam setiap gelombang adalah 50 persen dari jumlah siswa keseluruhan yang dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan. Pembagian rapor ini selain dilakukan secara langsung juga digelar secara daring. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama A Umar mengatakan pembelajaran di madrasah dilakukan sesuai kondisi zona daerahnya.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi atau Kabupaten Kota dapat menyetujui madrasah melakukan pembelajaran tatap muka jika berada di zona hijau, serta telah memenuhi persyaratan sesuai SK Bersama 4 Menteri, serta disetujui Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19.

Baca: Politikus PKS Cerita Persiapan Sekolah Anaknya Jelang Tahun Ajaran Baru

Baca: Politikus PPP Berharap Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Hanya saat Pandemi

"Namun, harus tetap menerapkan protokol Kesehatan. Kanwil Kemenag Provinsi memberikan persetujuan untuk Madrasah Aliyah (MA). Kakankemenag Kab/Kota untuk MTs dan MI," kata Umar melalui keterangan tertulis, Minggu (12/7/2020).

Tahun ajaran 2020/2021, akan dimulai pada 13 Juli 2020.

Bagi madrasah yang berada di luar zona hijau dapat meneruskan pembelajaran jarak jauh.

"Bila madrasahnya di zona selain hijau, maka proses pembelajaran tetap dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan teknologi," kata Umar.

Seperti diketahui, pemerintah telah menerbitkan Surat Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik Tahun 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

SKB tertanggal 15 Juni 2020 ini ditandatangani oleh Mendikbud, Menag, Menkes, dan Mendagri.

SKB ini antara lain mengatur bahwa pemerintah melalui gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 telah menetapkan Zona Hijau, Kuning, Oranye, dan Merah pada seluruh wilayah Kab/Kota di Indonesia.

Pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan pada tahun ajaran 2020/2021 tidak dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Ketentuannya, satuan pendidikan yang berada di daerah Zona Hijau dapat melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan setelah mendapatkan izin dari pemerintah daerah melalui dinas pendidikan provinsi atau kabupaten/kota, kantor wilayah Kementerian Agama provinsi, dan kantor Kementerian Agama kabupaten/kota sesuai kewenangannya berdasarkan persetujuan gugus tugas percepatan penanganan COVID- 19 setempat.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved