Breaking News:

RUU HIP

DPR RI Diminta Cabut RUU HIP dari Prolegnas

Menurut dia, upaya menarik kembali salah satu argumentasi yang pernah muncul dalam dialektika pembentukan Pancasila adalah hal yang ceroboh

Tribunnews.com/Chaerul Imam
ILUSTRASI - Massa dari berbagai organisasi masyarakat kepung gedung DPR menolak RUU HIP dan Cipta Kerja, Jakarta, Kamis (16/7/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah organisasi kepemudaan menyuarakan menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila atau RUU HIP.

Organisasi kepemudaan yang tergabung dalam Kesatuan Pemuda Siaga Pancasila, di antaranya Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila, Bintang Muda Indonesia (BMI), dan Pemuda Muhammadiyah sepakat menolak RUU HIP.

Baca: Istana: Terpenting dalam RUU BPIP, Pasal Kontroversial di RUU HIP Tidak Ada Lagi

Sekjen Sapma PP Willy Damantyo mengatakan Pancasila merupakan hasil akhir dari dinamika dan perdebatan para founding fathers ketika menggagas kemerdekaan Republik Indonesia.

Menurut dia, upaya menarik kembali salah satu argumentasi yang pernah muncul dalam dialektika pembentukan Pancasila adalah hal yang ceroboh.

Ia menilai pemahaman bahwa Pancasila bisa disederhanakan menjadi Trisila dan Ekasila, merupakan bentuk ketidakmampuan memahami secara utuh aspek historis Pancasila.

“Sehingga menarik kembali pemahaman tersebut artinya hendak membuka kembali peluang untuk bisa menggugat dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Willy kepada wartawan di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Kamis (16/7/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Herman, Bidang Hukum Dan HAM Sapma PP, melihat posisi RUU HIP bisa membahayakan ketatanegaraan Indonesia, karena melalui RUU HIP dapat menurunkan Pancasila menjadi hanya sekadar UU.

“Padahal Pancasila merupakan sebuah landasan filosofis serta dasar negara yang dijadikan sumber utama dari segala sumber hukum yang berlaku di Indonesia, maka RUU HIP sejatinya tidak penting,” kata Herman.

Atas dasar tersebut, Kesatuan Pemuda Siaga Pancasila menuntut agar DPR RI mencabut RUU HIP dari Prolegnas.

Halaman
12
Penulis: Adi Suhendi
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved