Breaking News:

DPR Setujui Perubahan Prolegnas Prioritas 2020 Jadi 37 RUU, Berikut Daftarnya

DPR menyepakati perubahan daftar program legislasi nasional (Prolegnas) prioritas 2020 menjadi 37 Rancangan Undang-Undang (RUU).

Chaerul Umam/Tribunnews.com
Rapat Paripurna DPR RI, Selasa (17/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyepakati perubahan daftar program legislasi nasional (Prolegnas) prioritas 2020 menjadi 37 Rancangan Undang-Undang (RUU).

Keputusan tersebut diambil saat rapat paripurna yang digelar gedung Nusantara, komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (16/7/2020).

"Apakah laporan Badan Legislasi atas hasil evaluasi terhadap terhadap pelaksanaan program legislasi nasional RUU dapat disetujui?" tanya Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad saat memimpin rapat paripurna dan dijawab setuju oleh anggota dewan.

Baca: DPR RI Diminta Cabut RUU HIP dari Prolegnas

Ketua Baleg DPR Supratman Andi Agtas mengatakan, RUU prioritas 2020 ini tidak menutup kemungkinan akan dilakukan evaluasi kembali ke depannya.

Di mana, waktu penyiapan penyusunan RUU diberikan waktu dua kali masa sidang dan apabila tidak terpenuhi, maka akan dikeluarkan dari Prolegnas.

Baca: Istana: Terpenting dalam RUU BPIP, Pasal Kontroversial di RUU HIP Tidak Ada Lagi

"Terkait pelaksanaan Prolegnas kami usulkan kepada pimpinan DPR sama-sama dengan Pemerintah untuk bisa melakukan rapat konsultasi, sehingga ada kesempatan dalam rangka pencapaian target legislasi," kata Supratman.

Adapun 37 daftar Prolegnas Prioritas 2020 di antaranya :

1. RUU tentang Perubahan atas UU Nomor 7 tahun 2017 tentan Pemilihan Umum.

2. RUU tentang Kitab UU Hukum Pidana.

Halaman
1234
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved