Breaking News:

Kepala Daerah Ingin Ada Regulasi Untuk Mempercepat Belanja Anggaran

Ridwan Kamil mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar belanja pemerintah daerah dipercepat dalam tiga bulan ke depan.

Ist
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai rapat internal bersama Presiden di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu, (15/7/2020 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar belanja pemerintah daerah dipercepat dalam tiga bulan ke depan.

Hal itu, untuk menggerakan roda ekonomi yang terpuruk akibat Pandemi Covid-19.

"Nah, masalahnya 4 pilar ekonomi, ekspor investasi daya beli kan sudah padam. Satu-satunya yang bisa menggerakkan mesin namanya belanja pemerintah. Maka tadi semua didorong agar belanja pemerintah dikebut khususnya di 3 bulan ke depan ini," kata Ridwan Kamil di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/7/2020).

Baca: Bubarkan 18 Lembaga Negara, Jokowi akan Terbitkan Perpres Baru

Menanggapi instruksi tersebut, para Kepala Daerah menurut Ridwan Kamil menyampaikan bahwa adanya kendala dalam mempercepat penyerapan anggaran.

Kendala tersebut yakni peraturan pemerintah pusat yang berganti-ganti.

"Ambil contoh sederhana lah ya, rapid test. Itu rumah sakit sudah beli alat rapid test 300 ribu. Tiba-tiba ada edaran dirjen yang maksimal hanya 150 ribu. Ini banyak rumah sakit berhenti tidak melakukan kegiatan. Nah itu contoh kecil," katanya.

Baca: Mewakili Presiden Jokowi, Mahfud Datang ke DPR Bahas RUU HIP, Serahkan 3 Dokumen

Para kepala daerah, menurut dia menginginkan adanya regulasi yang mempermudah daerah dalam melakukan belanja anggara, mulai dari belanja modal, belanja rutin, dan belanja barang dan jasa.

"Intinya kami di daerah dalam 3 bulan ke depan akan belanja lebih banyak, dipercepat, supaya bisa positif. Mungkin 2 persen dan akhir tahun Indonesia bukan kategori negara yang minus pertumbuhan tapi negara yang positif pertumbuhan," katanya.

Jokowi Minta Semua Kepala Daerah Ganti Budaya Kerja Bertele-tele

Halaman
123
Berita Populer
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved