Breaking News:

Sampah Plastik Rumah Tangga Meningkat Selama Pandemi Covid-19 Karena Belanja Online

Sampah rumah tangga meningkat selama pandemi virus corona atau Covid-19 karena belanja online.

Tribunnews.com/ Larasati Dyah Utami
Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah, Bahan Beracun dan Berbahaya (Dirjen PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK), Rosa Vivien Ratnawati 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sampah rumah tangga meningkat selama pandemi virus corona atau Covid-19 karena belanja online.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah, Bahan Beracun dan Berbahaya (Dirjen PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK), Rosa Vivien Ratnawati dalam webinar hari tanpa kantong plastik sedunia, Kamis (16/7/2020).

“Masa wabah pandemi covid 19, gaya hidup betul-betul menjadi berubah,” ujar Vivien dalam webinar hari tanpa kantong pelastik sedunia, Kamis (16/7/2020).

Baca: Update RS Pulau Galang 16 Juli: 61 Pasien Terkait Covid-19 Masih Dirawat

Vivien menyampaikan pada masa pandemi Covid-19, gaya hidup masyarakat berubah karena kebijakan pemerintah soal bekerja di rumah atau work from home (WFH).

Berdasarkan data yang diterimanya memang ada tren penurunan sampah dari perkantoran yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),
Namun, ada tren kenaikan dari sampah rumah tangga.

Salah satunya karena banyak masyarakat belanja atau membeli makanan secara online.

“Timbunan sampah yang masuk ke TPA memang agak berkurang kurang lebih 10 sampai 15% karena orang tidak bekerja, karena bekerja di rumah. Tapi yang sampah plastik yang dari rumah-rumah meningkat karena orang beli makanan itu secara online,” ujarnya.

Baca: Pasien Positif Covid-19 di RS Wisma Atlet Kemayoran Lebih dari 1.000 Orang Selama Sepekan

Dirjen PSLB3 itu mengungkapkan 90 persen makanan yang dibeli secara online menggunakan plastik sekali pakai.

Ia kembali mengingatkan masyarakat agar tidak lupa dengan semangat dan gerakan mengurangi sampah rumah tangga, meskipun kebanyakan masyarakat saat ini sedang bekerja dari rumah.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved