Breaking News:

Timbunan Sampah Masker Meningkat, Masyarakat Diimbau Hindari Pemakaian Masker Sekali Pakai

“Saya imbau disini bahwa kalau kita sehat, pakailah masker yang guna ulang untuk mencegah timbunan sampah baru,” ujar Vivien

Tribun Jateng /Hermawan Handaka
ILUSTRASI - Kapal nelayan melintas di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) kawasan Tambak Lorok, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jumat (26/7). Sampah plastik hingga kini masih menjadi persoalan serius bagi Indonesia dan juga negara lain di dunia. Melihat perkembangan masalah sampah plastik, agaknya pemerintah memang sudah harus mempercepat perbaikan sistem pengelolaannya. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sampah masker menambah sekiranya 0,1% dari timbunan sampah selama masa pandemi virus corona atau Covid-19.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah, Bahan Beracun dan Berbahaya (Dirjen PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rosa Vivien Ratnawati dalam webinar hari tanpa kantong plastik sedunia, Kamis (16/7/2020).

Baca: Pria Ini Tewas Ditembak Polisi Gara-gara Masker

“Saya imbau disini bahwa kalau kita sehat, pakailah masker yang guna ulang untuk mencegah timbunan sampah baru,” ujar Vivien.

Vivien menyampaikan pada masa pandemi Covid-19, gaya hidup masyarakat berubah yang didorong kebijakan pemerintah untuk menggunakan masker saat keluar rumah.

Masker sekali pakai yang kemudian dibuang akan menimbulkan sampah yang baru lagi.

Padahal saat ini Indonesia juga sedang menangani sampah rumah tangga.

Vivien mengungkapkan sejumlah studi mengatakan bahwa Indonesia beberapa saat yang lalu dikatakan memberikan kontribusi nomor 2 terbesar untuk membuat laut menjadi kotor,

“Walaupun studi itu masih diperdebatkan karena metodologinya belum tentu benar untuk menghitung masuknya sampah terutama sampah plastik ke laut,” ujarnya.

Dirjen PSLB3 tersebut mengatakan permasalahan sampah plastik di Indonesia yang masuk ke laut ada dua, yaitu yang berasal dari darat dan sampah dari laut itu sendiri.

Halaman
12
Berita Populer
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved